Minggu, 21 Juli 2024

Pemilihan Anggota BPD Desa Padasuka Disoal

Ilustrasi. (Dok: Bumdes)
Ilustrasi. (Dok: Bumdes)

LEBAK, TitikNOL - Pelaksanaan pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak disoal.

Pasalnya warga menilai, pemilihan calon anggota BPD tidak transparan, sarat nepotisme dan money politik yang ditengarai melibatkan oknum orang kepala desa setempat.

Selain itu, warga menuding kinerja panitia pemilihan tidak maksimal. Sebab, panitia melibatkan orang - orang dekat kepala desa.

Hal itu terungkap, setelah dua orang warga mendatangi salah satu pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Lebak, kemarin.

Kedatangan dua orang warga, untuk menemui pengurus LSM dan menyampaikan permasalahan sekaligus mengadukan beberapa kejanggalan pada proses rekrutmen dan pelaksanaan pemilihan anggota BPD Desa Padasuka.

"Mereka (dua warga) itu datang menemui kami, menyampaikan permasalahan dan beberapa kejanggalan dalam proses pemilihan anggota BPD Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung," ujar Arif salah seorang pengurus LSM di Lebak, Kamis (17/10/2019).

Arif menjelaskan, dua warga itu sudah memberikan beberapa bukti rekaman percakapan, antara diduga orang dekat Kades Padasuka berinisial SN dan NR, saat mendatangi warga SN dan NR mengajak untuk mencoblos orang - orang kades dalam proses pemilihan BPD.

"Menjelang pemilihan anggota BPD, SN dan NR mendatangi warga yang memiliki hak suara di pemilihan BPD. Terdengar jelas dalam rekaman itu, SN dan NR mengajak sejumlah warga yang didatangi sambil memberikan uang kisaran Rp10 ribu dan Rp30 ribu dan meminta agar warga yang diberikan uang itu untuk memilih orang kepala desa," terang Arif.

Selain bukti rekaman yang diberikan warga kata Arif, pihaknya juga mengaku telah memiliki bukti dokumen Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilih keanggotaan BPD di Desa Padasuka dan keterangan lainnya dari pengadu.

"Kami akan segera tindaklanjuti pengaduan itu, baik melakukan Audiensi kepada panitia dan kepala desa. Kemudian kita juga akan berkirim surat ke DPMPD Pemkab dan DPRD Lebak, terkait permasalahan pemilihan anggota BPD yang disampaikan warga itu," tukas Arif.

Dikonfirmasi, Irawati, Kepala Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, terkesan enggan memberikan keterangan terkait kedatangan warganya menemui pengurus salah satu LSM yang menyampaikan dan mengadu soal permasalahan pada pemilihan anggota BPD di desanya.

" Wiih, enggak ada pak, biasa saja," ujar Irawati singkat, tanpa menjelaskan maksud yang disampaikannya. (Gun/TN1).

Komentar