Pemkot Cilegon Didesak Percepat Pembangunan Pelabuhan Warnasari dan JLU

Ilustrasi Pelabuhan. (Dok: Detik)
Ilustrasi Pelabuhan. (Dok: Detik)

CILEGON, TitikNOL - Pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) dan Pelabuhan Warnasari yang digaung-gaungkan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, hingga kini tak kunjung terwujud.

Pemkot Cilegon pun didesak agar segera menyelesaikan dua pembangunan strategis tersebut, demi kesejahteraan masyarakat Kota Baja ke depan.

Salah satu desakan itu muncul dari Aktivis Pemerhati Pembangunan Kota Cilegon, Juli Tresno Aji. Dia meminta, Pemkot Cilegon untuk segera melakukan percepatan pembangunan JLU.

"Kenapa saya mendesak itu, karena saya menyakini jika JLU itu selesai dibangun pasti akan berdampak baik dengna perekonomian masyarakat khususnya masyarakat yang ada di sepanjang JLU itu sendiri," kata Juli kepada TitikNOL, Jumat (26/4/2019).

Juli mencontohkan, salah satu pembangunan infrasturuktur yang sudah terbukti dirasakan masyarakat Kota Cilegon adalah Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Selain dirasakan masyarakat kecil, kata dia, keberadaan JLS tersebut juga sangat dirasakan oleh kalangan industri yang ada di Kota Cilegon.

"Tanpa kita sadari ide dan gagasan Pak Aat (mantan Wali kota Cilegon-red) yang pembangunan JLS dampaknya memang sangat dirasakan masyarakat Cilegon khususnya, umumnya Banten. Tidak hanya masyarakat kecil, tapi kalangan industri juga turut merasakan akses jalan itu. Ini sungguh luar biasa, harus dicontoh oleh Wali kota Cilegon, Edi Ariadi," ujarnya.

"Oleh karena itu, saya sepakat percepatan pembangunan JLU segera dilaksanakan dan diselesaikan oleh Pemkot Cilegon," tutupnya.

Berbeda dengan Juli Tresno Aji. Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gappura Banten, Husen Saidan justu meminta Pemkot Cilegon untuk segera merealisasikan pembangunan Pelabuhan Warnasari yang selama ini diperjuangkan oleh dua mantan Wali kota Cilegon yakni Tb Aat Syafaat dan Iman Ariyadi.

"Dimomen HUT Cilegon ke - 20 ini, saya berharap Cilegon mendapatkan kado khusus yakni terwujudnya Pelabuhan Warnasari yang selama ini sudah dinanti-nanti dan diharapkan oleh masyarakat Kota Cilegon," kata Husen.

Husen meyakini, jika Pelabuhan Warnasari tersebur terwujud, angka pengangguran di Cilegon juga bisa berkurang.

"Selain akan menambah pendapatan asli daerah (PAD), jumlah pengangguran di Cilegon juga akan berkurang karena peluang kerja pasti banyak jika pelabuhan Warnasari itu sudah jadi. Maka dengan itu, saya meminta Wali kota Cilegon, Edi Ariadi untuk segera melakukan percepatan pembangunan pelabuhan Warnasari," ungkap pengelola Situ Rawa Arum ini. (Ardi/TN1).

Komentar