Pemkot Cilegon Golontorkan Anggaran Rp10 M untuk Revitalisasi Situ Rawa Arum

Situ Rawa Arum yang akan direvitalisasi Pemerintah Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)Situ Rawa Arum yang akan direvitalisasi Pemerintah Kota Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Pemerintah Kota Cilegon, akan mengucurkan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk revitalisasi Situ Rawa Arum di Kecamatan Grogol.

Pendalaman air, pembangunan pagar dan tanggul tersebut, kini menjadi salah satu kegiatan prioritas Pemerintah Kota Cilegon di bawah kepimpinan Edi Ariadi.

Kepala Seksi Perencanaan Teknis Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas PUTR Kota Cilegon Muhammad Ihsan mengatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman dasar situ hingga 2 meter dan membersihkan gulma yang ada Situ Rawa Arum.

“Sekarang ini kondisinya mengalami pendangkalan, makanya kami akan pendalaman hingga dua meter," ungkap Ihsan.

Dijelaskan Ihlasan, biaya untuk revitalisasi Situ Rawa Arum akan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp10 miliar.

"Mudahan-mudahan untuk kegiatan fisik revitalisasi akan dilakukan pertengahan Oktober, secepatnya dilaksanakan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LSM Gappura selaku pengelola Situ Rawa Arum, Husen Saidan, meminta kepada Pemerintah Kota Cilegon tidak hanya fokus mpada pembangunan fisik situ saja. Namun juga menata seluruh aspek Situ Rawa Arum.

“Saya berharap Pemerintah Kota Cilegon jangan hanya fokus pada satu hal, tapi seluruh aspek tolong juga diperhatikan. Seperti halnya parkiran kendaraan dan akses masuk menuju situ, itu kan penting," ujarnya.

Meski demikian, Husen yang selama ini mengeluarkan uang pribadi untuk merawat Situ Rawa Arum, mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Kota Cilegon yang akhirnya sudah mulai peduli dengan Situ Rawa Arum.

"Alhamdulillah ya Situ Rawa Arum sudah mulai diperhatikan. Mudah-mudahan cita-cita saya yang dari dulu ingin menjadikan Situ Rawa Arum sebagai obyek wisata air bisa terwujud," tutur Husen. (Ardi/TN1).

Komentar