Pemotongan Hewan Kurban di Kabupaten Lebak Diawasi Dinas Peternakan

Pemotongan hewan qurban yang berlokasi di samping halaman Masjid Al-Ikhwan. (Foto: TitikNOL)
Pemotongan hewan qurban yang berlokasi di samping halaman Masjid Al-Ikhwan. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Idul Adha 1441 H yang bertepatan pada hari Jumat (31/7/2020). Seluruh umat muslim melakukan pemotongan hewan kurban seperti Sapi, Kerbau dan Kambing.

Di Kampung Babakan Kelapa, Desa Aweh, Kecamatan Kalang Anyar, para warga melakukan kurban dengan pemotongan hewan 4 ekor Kerbau, 2 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing yang berlokasi di samping halaman Masjid Al-Ikhwan.

Kegiatan pemotongan hewan kurban itu diawasi langsung oleh pengawas dari Dinas Peternakan Pemkab Lebak dengan menerjunkan dokter hewan. Hal itu dilakukan, agar hewan kurban yang disembelih oleh warga dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyakit.

"Sebenarnya kita dari Dinas Peternakan ada dua model pemeriksaan, yang pertama pemeriksaan Antemortem dan yang kedua pemeriksaan Postmortem untuk memastikan hewan kurban tersebut benar-benar terhindar dari penyakit ternak, khususnya penyakit Zoonosis seperti Anthrax dan Serpuse" ujar Imam Alfriadi, dokter hewan, kepada awak media di lokasi pemotongan hewan kurban.

Dijelaskan Imam, pemeriksaan Antemortem itu dilakukan di lapak-lapak penjual hewan kurban yang memenuhi syarat sebagai penjual dan pemeriksaan Postmortem dilakukan setelah pemotongan.

"Dengan adanya surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal, kemudian setelah kita periksa juga tidak ada menunjukan gejala sakit maka kita beri kalung atau tanda bahwa hewan itu sehat," katanya.

"Kemudian setelah dilakukan pemotongan sampai saat ini alhamdulilah untuk yang mengarah penyakit Zoonosis tidak kita temukan dan semua dalam kondisi sehat dan layak di konsumsi," sambung Imam mengakhiri keterangannya kepada awak media. (Zal/TN1)

Komentar