Pengangguran di Banten Tertinggi se-Indonesia

Ilustrasi. (Dok: Kicknewstoday)Ilustrasi. (Dok: Kicknewstoday)

SERANG, TitikNOL - Provinsi Banten menempati urutan pertama jumlah pengangguran tertinggi di tingkat nasional. Banten bersama-sama dengan dua provinsi lainnya yang berada di zona angka pengangguran tertinggi di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Maluku.

Berdasarkan data terakhir yang tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, tingkat pengangguran di Banten per Agustus 2018 mencapai 8,52 persen dari total angkatan kerja.

"Jumlah tersebut terlihat berada di posisi pertama di Indonesia," kata Kepala BPS Banten Agors Soebeno, Selasa (6/11/2018).

Salah satu indikator terjadinya peningkatan jumlah pengangguran tersebut yakni dampak dari tingginya proses urbanisasi yang mengeser tenaga kerja lokal di Banten. Posisi Banten disusul oleh Jawa Barat yang mencapai 8,17 persen dan Provinsi Maluku 7,27 persen.

Menurut Agoes, terdapat beberapa indikator yang memengaruhi terjadinya peningkatan jumlah pengangguran di Banten. Selain karena lemahnya sumber daya manusia (SDM) juga faktor tingginya urbanisasi.

Lanjut Agoes, Banten merupakan satu di antara tiga provinsi lain di Indonesia sebagai daerah tujuan urbanisasi tertinggi setelah DKI Jakarta. "Proses urbanisasi tersebut berdampak langsung pada tingginya persaingan di bursa kerja," pungkasnya. (Awi/TN3)

Komentar