Perempuan Cantik Ini Wakili Kasepuhan Banten Kidul Ikut Workshop Komunitas Adat

Sucia Lisdamara Yulmanda Taufik. (Foto: TitikNOL)Sucia Lisdamara Yulmanda Taufik. (Foto: TitikNOL)

BANTEN, TitikNOL - Sucia Lisdamara Yulmanda Taufik (20), mahasiswa cantik asal Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, menjadi salah satu dari tiga perwakilan pulau Jawa yang mengikuti Workshop penguatan data komunitas adat di Yogyakarta.

Perempuan yang sering disapa Sucia itu menjadi delegasi dari pengurus daerah aliansi masyarakat adat Nusantara (PD Aman), yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan pengurus besar (PB) Aman.

Diketahui, Sucia saat ini sedang menjalankan proses belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten Semester V Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah.

Setelah konfirmasi, Sucia mengatakan, dirinya menjadi salah satu perwakilan dari komunitas adat Banten kidul, sedangkan kata Sucia dari Pulau Jawa ada tiga orang yang mewakili masing-masing daerahnya.

"Kalau perwakilan dari komunitas adat Banten kidul itu ada dua orang, Sucia Kasepuhan Bayah dan Dian Kosasih dari kasepuhan Karang, Sedangkan dari pulau Jawa sendiri ada 3 yang dia dari Banten kidul dan satu dari Osing," katanya saat berbincang dengan TitikNOL, Serang, Jum'at (17/10/2019).

Sucia juga menjelaskan, selama dirinya mengikuti workshop di Jogyakarta, dirinya mengikuti Training Fff Trainer (TOT) penguatan pendokumentasian data.

"Di sini Sucia di training dulu nanti mendampingi training di regional masing-masing," tukasnya. (Lib/TN1)

Komentar