Peresmian Program 1.000 Jamban dari Ibu Negara Dibuka di Pinggir Kolam Keruh

Peresmian program 1000 jamban, satu sumur artesis dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Lingkungan Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Peresmian program 1000 jamban, satu sumur artesis dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Lingkungan Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

KASEMEN, TitikNOL – Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju yang dibina oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, memberikan bantuan berupa 1000 jamban, satu sumur artesis dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk masyarakat Kota Serang.

Program tersebut diresmikam lima meter dari kolam yang keruh. Bahkan, kondisi air dalam kolam itu sudah berwarna hijau dan berlumpur hitam pekat. Namun hal ini tidak menyulutkan semangat Ibu Iriana dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta rombongan tiba di tempat acara, tepatnya di Lingkungan Kenari, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang tiba sekira pukul 09:35 WIB.
Kedatangannya langsung disambut pemberian bunga dan tarian khas Banten oleh anak-anak sebagai simbolis ucapan selamat datang. Kemudian rombongan mendengarkan pemaparan kondisi riil masyarakat yang tidak memiliki jamban di Kota Serang.

Ketua bidang Empat OASE Kabinet Indonesia Maju Devi Luhut Panjaitan mengatakan, program 1000 jamban ini akan diberikan pada warga tiga Kecamatan yang tidak memiliki jamban di Kota Serang.
Khusus untuk di Lingkungan Kenari, pihaknya memberikan bantuan 25 jamban, satu sumur artesis dan IPAL. Hal ini dinyatakan telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"1000 jamban ini untuk 3 Kecamatan yang ada di Kota Serang. Disinini disiapkan 25 jamban, 1 sumur artesis yang dalamnya 60 meter dan masih payau karena berdekatan dengan laut dan Ipal," katanya saat sambutan, Senin, (24/02/2020).

Ia menuturkan, bahwa pemberian program ini diharapkan dapat berdampak positif bagi pola hidup masyarakat dan kondisi lingkungan yang asri, bersih jauh dari kekumuhan.

OASE Kabinet Indonesia Maju bercita-cita ingin menolong masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat. Hal ini dilakukan agar menambah kesejahteraan hidup wara Ibu Kota Provinsi Banten.

"Kabinet indonesia maju ingin menolong masyarakat pola hidup sehat. Jamban diberikan untuk menambah kesejahteraan hidup mereka. Semoga sumbangan ini bisa berguna bagi masyarakat sekitar," jelasnya. (Benson/TN1)

Komentar