Peringatan HPN ke-73, Wartawan Banten Diminta Tetap Kritis dan Independen

Kepala Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Roni Yurani. (Foto: TitikNOL)Kepala Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Roni Yurani. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-73 yang jatuh pada Sabtu (9/2/2019) besok, mendapatkan tanggapan dari sejumlah kalangan.

Kepala Terminal tipe A Pakupatan Serang, Roni Yurani misalnya. Jabatannya yang bersentuhan dengan kinerja jurnalis, memberikan kesan tersendiri kepadanya.

Menurutnya, di era globalisasi dan pesatnya perkembangan industri media, seiring dengan momen politik Pemilu 2019, perlunya jurnalis yang tetap kritis dan mengedepankan independensi.

Menurut Roni, dengan situasi politik yang semakin memanas, dirinya meminta agar para jurnalis tidak berpihak kepada salah satu calon.

"Harus berimbang apalagi kan wartawan tidak bisa sebelah pihak harus berimbang," kata Roni Yurani kepada TitikNOL saat ditemui di Serang, Jum'at (8/2/2019).

Roni juga mengatakan, para wartawan harus tetap kritis dalam melihat persoalan. Sebab informasi yang diberikan para wartawan sangat berpengaruh terhadap pandangan masyarakat.

"Tulisan wartawan kan bisa mempengaruhi pembacanya," tambahnya.

Dirinya berharap, agar ke depannya, wartawan di Banten mampu menjaga integritas dan menjalankan sesuai kode etik jurnalistik.

"Saya berharap agar para wartawan mampu menjaga integritasnya sesuai kode etik jurnalistik," harapnya. (Tolib/TN1)

Komentar