Peringati HPSN, Polairud Kumpulkan 1,6 Ton Sampah di Pantai Anyer

TNI - Polri bersama masyarakat saat membersihkan sampah di pesisir Pantai Anyer. (Foto: TitikNOL)TNI - Polri bersama masyarakat saat membersihkan sampah di pesisir Pantai Anyer. (Foto: TitikNOL)

BANTEN, TitikNOL - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, aparat gabungan TNI-Polri bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir Pantai Anyer, Kabupaten Serang. Sebanyak 1,647 ton sampah berhasil dikumpulkan.

Sampah 1,6 ton lebih yang berhasil dikumpulkan itu terdiri dari berbagai macam jenis sampah, mulai dari sampah plastik hingga kayu dan dedaunan. Sampah itu lalu dikumpulkan dari pesisir pantai sepanjang 2 kilometer.

Direktur Polairud Polda Banten, Kombes Pol Nunung Syaifuddin mengatakan, Anyer dipilih sebagai lokasi HPSN bertujuan untuk membangkitkan pariwisata di Anyer dan Carita pasca terjadinya tsunami Selat Sunda.

"Di mana Anyer merupakan salah satu wilayah yang terdampak tsunami dan kunjungan ke wilayah Anyer-Carita menurun drastis," kata Nunung, Kamis (21/2/2019).

"Kemudian kita membersihkan sampah di pesisir tapi lebih fokus lagi pada sampah-sampah plastik yang tidak bisa terurai," jelasnya.

Selain di Anyer, Polairud Polda Banten mengirim tim penyelam ke Pulau Sangiang untuk membersihkan sampah bawah laut. Penyelam fokus pada sampah plastik yang ada di bawah laut.

"Kegiatan ini tidak hanya di pantai Anyer saja tapi ada satu tim penyelam yang kita kerahkan ke laut Pulau Sangiang untuk membersihkan sampah di bawa laut," kata Nunung. (Ardi/TN1).

Komentar