Peristiwa 6 Maret 1902, Klub Sepak Bola Asal Spanyol, Real Madrid Resmi Didirikan

Real Madrid Club de Futbol atau biasa dikenal dengan nama Real Madrid. (Dok: Soccerklopedi)
Real Madrid Club de Futbol atau biasa dikenal dengan nama Real Madrid. (Dok: Soccerklopedi)

TitikNOL - Real Madrid Club de Futbol atau biasa dikenal dengan nama Real Madrid saja, adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di kota Madrid, Spanyol. Didirikan pada 6 Maret 1902 dengan nama Madrid Club de Futbol, tim ini menggunakan gelar Real (‘dari kerajaan’) setelah Raja Alfonso XIII dari Spanyol memberikan izin resmi kepada klub tersebut pada Juni 1920.

Real Madrid telah bermain di Divisi Utama Liga Spanyol (Primera Division) yang disebut sebagai La Liga sejak awal kompetisi ini dimulai, tahun 1928 dan merupakan klub tersukses di Spanyol berdasarkan jumlah trofi juara yang telah mereka raih. Bersama FC Barcelona dan Athletic Bilbao, klub ini menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi ke divisi bawah.

Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Mereka telah meraih 31 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, delapan Piala Super Spanyol, sembilan gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, dua Piala UEFA, satu Piala Super Eropa dan tiga Piala Interkontinental.

Kostum tradisional Real Madrid adalah putih-putih, sehingga dijuluki Los merengues (Tim putih). Stadion kandangnya adalah Stadion Santiago Bernabéu yang berkapasitas 80.354 penonton. Real Madrid sendiri memiliki rivalitas cukup sengit terutama dengan Barcelona (dikenal sebagai El Clasico) dan klub sekota Atletico Madrid (dikenal sebagai El Derbi madrileno).

Sejak tahun 2000-an, Real Madrid dikenal sebagai tim yang gemar membeli pemain-pemain mahal berkelas dunia, sehingga diberikan julukan baru, yaitu Los Galacticos (tim galaksi). Klub ini juga dikenal sebagai salah satu klub terkaya di dunia, dengan penghasilan sebesar 438,6 juta Euro pada tahun 2011.(Net/Rif)

Komentar