Pesisir Pantai Banten Berpotensi Banjir Rob, Masyarakat Diminta Waspada

Ilustrasi. (Dok: Tirto)
Ilustrasi. (Dok: Tirto)

SERANG, TitikNOL - BMKG merilis potensi banjir rob di sejumlah pesisir pantai wilayah Provinsi Banten. Kejadiannya diperkirakan sepekan kedepan.

Wilayah pesisir utara Banten diprediksi terjadi pada 16 sampai 22 Februari 2023. Kemudian, pesisir barat Banten terjadi 17 sampai 26 Februari 2023. Terakhir, pesisir selatan Banten pada 18 sampai 26 Februari 2023.

Kasi Data Informasi BMKG Klas II Serang, Tarjono mengatakan, potensi banjir rob akibat adanya Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 20 Februari 2023.

"Sehingga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, salah satunya pesisir Banten,” katanya, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya, rob akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” terangnya. (TN3)

Komentar