Pidato Kenegaraan HUT RI ke 76, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy

Presiden RI Jokowi saat kenakan baju adat Baduy. (Dok: Kompas)
Presiden RI Jokowi saat kenakan baju adat Baduy. (Dok: Kompas)

LEBAK, TitikNOL - Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Suku Baduy saat pidato kenegaraan dalam sidang tahunan bersama MPR RI, DPR RI, DPD RI, Senin, 16 Agustus 2021.

Busana yang dikenakan Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan tahun 2021 ini merupakan pakaian adat Suku Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pakaian Adat Suku Baduy yang dikenakan oleh Presiden Jokowi merupakan pakaian harian yang dikenakan oleh warga Suku Baduy Luar, Desa Kanekes.

"Kami merasa bangga dan gembira melihat Presiden Jokowi memakai pakaian adat Suku Baduy," kata Kepala Desa (Jaro) Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Jaro Saija kepada Wartawan Senin, 16 Agustus 2021.

Jaro Saija mengatakan, pakaian adat Suku Baduy dikenakan oleh seorang Presiden merupakan yang pertama kalinya terjadi. Hal itu juga bagian dari sejarah.

"Baru kali ini saya melihat Presiden mengenakan pakaian adat Suku Baduy. Ini sangat bagus sekali, Presiden Jokowi memberikan contoh baik untuk mencintai adat istiadat," katanya.

Menurutnya, Presiden Jokowi dengan memakai pakaian adat itu sangat Bagus karena sama halnya mencintai adat istiadat menjadi warisan leluluhur bangsa Indonesia.

"Tanggapan kami mah bagus. Itukan adat istiadat jadi kami juga merasa dilindungi,"ucap Saija.

Kata Jaro Saija, pakaian adat Suku Baduy yang dipakai Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan turut dipersiapkan olehnya. (Gun/TN2)

Komentar