Polda Banten Peringati HUT RI dengan Ratusan Warga Suku Adat Baduy

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, memeriksa barisan peserta upacara suku adat Baduy. (Foto: TitikNOL)
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, memeriksa barisan peserta upacara suku adat Baduy. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya, menggelar upara peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-72 dengan 600 warga suku Baduy luar dan Baduy dalam, di terminal Ciboleger Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Kamis (17/8/2017).

Tujuannya, selain mengeratkan tali silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat suku Baduy, kegiatan ini juga memberikan suasana baru bagi anggota kepolisian.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, masyarakat suku Baduy yang memiliki ciri khas adat istiadatnya perlu ada suasana baru dalam melaksanakan upacara HUT RI.

Kata Kapolda, walaupun suku adat Baduy memilki adat istiadat, namun kegiatan ini tidak menyalahi aturan.

"Kita harapkan dengan kegiatan upacara ini, ada motivasi kepada masyarakat Baduy khususnya Baduy luar untuk bisa menyekolahkan anaknya. Bahkan saya berharap ada anak Baduy yang menjadi anggota kepolisian," ujar Kapolda.

Di lokasi yang sama, Jaro Saija mengatakan, kegiatan uparaca HUT RI ke-72 ini baru pertama kali dilaksanakan di terminal Ciboleger.

Sebelumnya, kegiatan tersebut sering dilakukan di lapangan Kecamatan Leuwidamar.

Untuk itu, dengan digelarnya upacara HUT RI ke 72 bersama kapolda Banten dan Kapolres Lebak ini, dirinya berharap bisa membawa semangat baru bagi masyarakat Baduy.

"Tidak ada yang melanggar, namun memang masyarakat suku Baduy tidak sepintar dengan masyarakat lainnya seperti membaca maupun dalam gerakan tata cara upacara selain upacara adat Baduy. Terlihat pada pelaksannya masih terdapat gerakan yang tidak beraturan, tapi hal itu tidak membuat peserta upacara mengurungkan niatnya," kata Saija. (Gun/red)

Komentar