Polda Banten Putar Balikan 4.772 Kendaraan Pemudik yang akan menuju Pelabuhan Merak

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo saat diwawancarai wartawan. (Foto: TitikNOL)
Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo saat diwawancarai wartawan. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Memasuki hari ke 18 operasi ketupat kalimaya 2020, Direktorat Lalulintas Polda Banten putar balik 4.772 kendaraan di cek point Pintu Tol Merak. Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi dan kendaraan roda dua di Jalur arteri Kota Cilegon menuju Pelabuhan Merak.

"Situasi saat ini kendaraan menuju ke Pelabuhan Merak terpantau landai dan sepi, petugas bersama Dishub Banten masih tetap melakukan pemeriksaan khusus kendaraan atau orang orang yang melakukan perjalanan melalui pelabuhan merak," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Senin (11/5/2020).

Hingga hari ke 18 operasi ketupat kalimaya, petugas telah melakukan putar balik 4.772 kendaraan yang akan melaksanakan mudik yang didominasi oleh kendaraan pribadi, roda dua dan bus.

"Dan sampai saat ini kendaraan mengalami penurunan sampai dengan tujuh persen, dan diharapkan kedepan masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik," ungkapnya.

Kombes Pol Wibowo menjelaskan adapun penguatan dari regulasi Permenhub No 25 tahun 2020 yang sudah mengatur pembatasan kendaraan dan orang, telah diperkuat lagi oleh surat edaran gugus tugas no 4 Tahun 2020 tentang pembatasan perjalan orang.

"Ada pengecualian pertama orang yg sedang melaksanakan tugas kemudian bersifat orang yang sakit membutuhkan perawatan segera dengan menunjukan dokumen, dan orang orang repatriasi atau mahasiswa yang kuliah diluar negeri namun demikian ada dokumen yang harus dilengkapi," tegasnya. (GAT/TN2)

Komentar