Polda Banten Tempatkan Tim Saber Money Politic Pilkada

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pengecekan TPS 6, Kampung Cileweung, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pengecekan TPS 6, Kampung Cileweung, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, sejak proses tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Banten berlangsung, Tim Saber Money Politic sudah mulai bekerja.

Hal itu diungkapkan Kapolda saat melakukan pengecekan lokasi PPS dan TPS yang berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak.

Di Kabupaten Lebak, Kapolda bersama rombongan mengunjungi PPS Desa Rangkasbitung Timur berlokasi di Jalan Siliwangi Kecamatan Rangkasbitung dan melakukan pengecekan kesiapan pencoblosan di TPS 6, Kampung Cileweng, Desa Rangkasbitung Timur.

"Untuk Tim Saber sejak proses tahapan Pilkada berlangsung, sudah mulai berkerja. Tentunya, karena besok sudah mulai hari pencoblosan, kita lebih tingkatkan lagi kewaspadaan soal money politic. Tapi untuk proses bila ditemukan money politic, kan harus melalui Panwas terlebih dahulu. Baru setelah di proses oleh Panwas, kita (polisi) yang akan tangani,"ujar Kapolda Banten di lokasi TPS 6 Kampung Cileweung, Desa Rangkasbitung Timur, Selasa (26/6/2018).

Dijelaskan Kapolda, berdasarkan pengecekan atas kesiapan pengamanan dan logistik pelaksanaan Pilkada Lebak tahun 2018 ini, secara umum tidak terdapat masalah yang signifikan.

"Secara umum tadi kita sudah cek kesiapan pengamanan dan distribusi logistik Pilkada, untuk distribusi logistik dipastikan sudah sampai ke TPS-TPS. Tinggal nanti besok hari pencoblosan, mudahan-mudahan berjalan baik dan lancar,"kata Kapolda.

Berdasarkan penjelasan pihak KPU, karena dalam dua hari ini terakhir, kondisi cuaca di Lebak hujan. Kata Kapolda, bagaimana bila di hari pencoblosan terjadi cuaca hujan.

"Dan pihak KPU sudah memberikan penjelasan, boleh mempersiapkn lokasi lain pencoblosan di luar TPS, dengan menggunakan rumah warga yang berdekatan dengan lokasi TPS. Namun bila bergeser tempat pencoblosan itu harus atas persetujuan saksi-saksi dan dipastikan clear tidak menganggu waktu proses penghitungan dan lain sebagainya. Itu pun dipersiapkan bila kemungkinan terjadi cuaca hujan,"imbuh Kapolda.

Sementara itu, ikut dalam rombongan kunjungan kerja dalam rangka pengecekan kesiapan pengamanan dan tempat pemungutan suara Pilkada Lebak, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, didampingi Irwasda, Karoops, Dirlantas, Dirbinmas, Dirsabhara, Dirkrimum, Dirkrimsus, Kasat Brimob, Kabid Propam dan Kabid humas Polda Banten. (Gun/TN2)

Komentar