Protes Nelayan Bayah, Dua Kapal Tongkang Tertahan di Dermaga PT Cemindo

Sejumlah petugas kepolisian dan karyawan sedang melihat kapal Venus yang sandar di dermaga milik PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)Sejumlah petugas kepolisian dan karyawan sedang melihat kapal Venus yang sandar di dermaga milik PT Cemindo Gemilang. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL – Dua buah kapal tongkang yang mengangkut Semen Merah Putih di dermaga milik PT Cemindo Gemilang, tertahan dan tidak bisa ke luar dari kawasan dermaga karena terhalang oleh perahu yang disandarkan nelayan di sekitar dermaga.

Pantauan wartawan di lokasi, hingga Sabtu (21/1/2017) malam ini, dua kapal tongkang yakni Kapal Harmoni Sejati (kapal cargo yang membawa semen) dan kapal Venus milik Philipina masih tertahan di dermaga. Padahal dua kapal itu sudah selesai melakukan bongkar muat semen dan akan kembali berlayar.

Terkait hal ini, Kapolsek Bayah AKP Sadimun membenarkannya. Menurutnya, dua kapal tongkang itu tertahan karena aksi protes dari para nelayan Bayah kepada PT Cemindo Gemilang masih berlanjut.

"Iya betul, tapi tertahan sih tidak. Itukan sipatnya pleksibel kalau sudah beres muatannya bisa saja keluar. Kita juga sekarang sedang melakukan mediasi, tatkala kapal itu akan keluar kita akan minta perahu-perahu nelayan dipinggirkan dahulu, setelah itu perahu nelayan bisa ditambatkan lagi," tukas Sadimun, Sabtu (21/1/2017).

Baca juga: Aksi Nelayan Bayah Berlanjut, Aktivitas Dermaga PT. Cemindo Lumpuh

Seperti diketahui, sejumlah nelayan di kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak melakukan aksi protes kepada PT Cemindo Gemilang. Mereka menuding, perusahaan yang memproduksi Semen Merah Putih itu tidak menepati janjinya untuk memberikan konpensasi kepada nelayan yang sudah dirugikan akibat keberadaan dermaga. (Gun/Rian/red)

Komentar