PT. Agya Karunia Abadi, Pemenang Tender Peningkatan Jalan Senilai Rp7,8 M Jadi Sorotan

Kondisi jalan rusak di Jalan Ciater Raya, Kota Tangerang Selatan. (Foto: TitikNOL)
Kondisi jalan rusak di Jalan Ciater Raya, Kota Tangerang Selatan. (Foto: TitikNOL)

TANGSEL, TitikNOL – Proyek peningkatan Jalan Ciater Raya, Tangerang Selatan (Tangsel) terus menuai sorotan. Pasalnya, pekerjaan peningkatan jalan dengan menambah ketebalan aspal 4 centimeter tersebut sudah tak berbekas lantaran mengelupas.

Seperti informasi yang berhasil dihimpun wartawan, proyek peningkatan jalan tersebut memiliki nilai tender Rp7.800.000.000 dari nilai pagu Rp8.500.000.000.

Sementara, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Kasubag Layanan Pengadaan pada Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Tangsel, Agus Mulyadi kepada wartawan menjelaskan, proses tender peningkatan Jalan Ciater Raya dimenangkan oleh PT Agya Karunia Abadi.

"Pemenangnya PT. Agya Karunia Abadi, semua administrasinya lengkap dan enggak ada masalah. Karena kita hanya menangani proses administratifnya saja, selesai tender ya sudah. Di luar itu bukan kapasitas kita menjelaskan," terang Agus Mulyadi saat dijumpai di ruang kerjanya.

Kendati begitu Agus menjelaskan, proses tender itu berlangsung 25 hari kerja dengan diikuti oleh 4 perusahaan. Penentuan pemenang tendernya kata Agus dinilai atas 3 hal, yaitu administrasi, teknis dan harga.

"PT Agya Karunia Abadi mampu mengalahkan 3 pesaing lainnya untuk mengerjakan proyek pengaspalan dengan pagu Rp8,5 miliar. Jadi ada 4 perusahaan saat itu yang ikut, Kemudian selanjutnya dinilai dari 3 hal yakni administrasi, teknis, dan harga. Jadi kalau administrasinya kurang, ya otomatis gugur. Kemudian baru lanjut ke teknis, dan terakhir harga. Penentuannya itu di harga, kita pilih yang terkecil dari pagu anggaran," jelas Agus Mulyadi.

Baca juga: Belum Lama Dikerjakan, Peningkatan Jalan Ciater Disoal Pengguna Jalan

Merujuk soal administrasi pemenang tender, wartawan mencoba menelusuri alamat PT. Agya Karunia Abadi di Kota Serang. Namun saat melakukan pantauan, wartawan tak menemukan plang perusahaan meski alamat yang tertera dalam LPSE telah jelas sesuai alamat.

Ketika dikonfirmasi, Komisaris PT Agya Karunia Abadi, Iwan Hermawan mengakui pekerjaan peningkatan jalan di Jalan Ciater Raya tersebut tengah diperbincangkan. Irwan mengaku, pihaknya bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

"Iya peningkatan jalan di Jalan Ciater Raya memang kami yang mengerjakan dan saya sebagai komisarisnya. Kita sudah rapat dengan dinas dan kami sudah melakukan uji laboratorium di Universitas Indonesia (UI)," terang Iwan Hermawan.

Dengan begitu, Iwan menyebut kerusakan lapisan aspal itu terjadi lantaran faktor cuaca. Bahkan, pengusaha yang mengaku sebagai warga Tangsel itu mengalami kerugian lantaran kerusakan peningkatan jalan di Jalan Ciater Raya, Kota Tangerang Selatan. (Don/TN1)

Komentar