PT Gama Grup Bebaskan 5 Hektare Lahan Warga Lebak untuk Perumahan Karyawan

Ilustrasi pembebeasan lahan. (Dok: 108jakarta)
Ilustrasi pembebeasan lahan. (Dok: 108jakarta)

LEBAK, TitikNOL - PT Gama Grup perusahaan pabrik Semen Merah Putih yang berlokasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak dikabarkan tengah menyiapkan pembangunan fasilitas perumahan bagi para karyawan pabrik semen merah putih di lahan seluas lima hektare di Kampung Ciletuh, Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, lahan milik sejumlah warga setempat sudah dibebaskan oleh pihak PT Gama Grup. Lahan seluas lima hektare di Kampung Ciletuh, Desa Panggarangan itu ditebus dengan nilai sekitar Rp100 ribu per meter.

Diungkap sumber TitikNOL, pembayaran yang dilakukan oleh pihak PT Gama Grup sekitar Mei lalu, baru berupa Down Payment (DP) kepada sejumlah pemilik lahan.

"Baru setengahnya dibayar, sebelum bulan suci Ramadan kemarin," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Buharta, saat dimintai konfirmasi mengungkap keterangan berbeda. Menurutnya, pembebasan lahan seluas lima hektare di Kampung Ciletuh yang direncanakan dibangun perumahan karyawan PT Gama Grup, belum ada pembayaran.

"Memang survei sudah dilakukan pihak PT Gama, tapi sampai sekarang belum ada pembayaran. Sebab saya belum menandatangani apapun," beber Buharta melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (14/7/2016).

Saat disinggung soal informasi sudah adanya pembayaran setengah nilai jual beli lahan dengan warga, Buharta terkesan mengelak. "Itu di luar sepengetahuan saya. Silahkan saja langsung ke yang bersangkutan (para penjual, red)," pungkasnya.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari manajemen pabrik Semen Merah Putih, PT Gama Grup. (Gun/dd)

Komentar