PT Indorama Petrochemical Alami Kebocoran, 14 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Lokasi letupan yang menyeluarkan serbuk purified terephthalic acid di PT Indorama Petrechemical sudah dipasang garis polisi. (Foto: TitikNOL)Lokasi letupan yang menyeluarkan serbuk purified terephthalic acid di PT Indorama Petrechemical sudah dipasang garis polisi. (Foto: TitikNOL)

CILEGON,TitikNOL - Kebocoran pipa terjadi di pabrik milik PT Indorama Petrochemical yang berada di Lingkungan Rombongan, Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Jumat (29/12/2017) sekitar pukul 07.15 WIB pagi tadi.

Akibatnya, 14 warga dilarikan ke klinik terdekat dan sebagian ke rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon, karena keracunan setelah menghirup serbuk kental berwarna putih yang berasal dari salah satu pipa di area cristal leser.

Diketahui, pipa yang bocor tersebut mengeluarkan serbuk purified terephthalic acid (PTA), yang membuat warga terdampak mengalami sesak nafas dan pedih mata.

Menurut pengakuan salah seorang ‎warga bernama Supriyadi (32)‎, saat kejadian, dirinya hendak pergi ke tempat kerja di PT Indoferro. Dirinya awalnya mengira serbuk putih itu hujan biasa. Namun lama kelamaan, serbuk kental itu menutupi helm dan menempel dibaju.

"Pas di depan PT Indorama saya kira hujan saya terobos lama-lama kaca helm ketutup, saya berhenti dulu. Pas berhenti itu saya heran kok hujannya di sini doang terus putih gitu," ungkapnya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Sementara pihak kepolisian yang berada di lokasi membenarkan bahwa ada 14 orang yang dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"14 orang warga itu ada yang sesak nafas, ada yang matanya pedih terkena dampak itu," ujar Panit Reskrim Polsek Ciwandan Iptu Sudibyo Wardoyo.

Saat ini, petugas kepolisian dari Polsek Ciwandan dan Polres Cilegon yang datang ke lokasi langsung melakukan penyelidikan dan melakukan olah TKP untuk mengetahui secara rinci apa yang menyebabkan serbuk PTA bisa keluar ke jalan raya dan pemukiman warga.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon yang datang ke lokasi juga langsung melakukan penyelidikan. Adapun korban yang terkena serbuk PTA PT Indorama Petrochemical masih menjalani perawatan di klinik dan RSKM Cilegon. (Ardi/red).

Komentar