PT Krakatau Posco Dapat Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022 dari Kemenperin

PT Krakatau Posco saat Dapat Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022 dari Kemenperin. (Foto: Istimewa).
PT Krakatau Posco saat Dapat Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022 dari Kemenperin. (Foto: Istimewa).

CILEGON, TitikNOL - Dalam memacu peningkatan daya saing industri nasional melalui industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, Kementerian Perindustrian menggelar penghargaan Industri Hijau, sebagai salah satu upaya mendorong industri manufaktur melakukan efisiensi penggunaan sumber daya dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah dan emisi, serta manajemen perusahaan yang selaras dengan triple bottom line yakni People, Planet, dan Profit. Dengan penerapan tiga aspek utama ini dengan baik diharapkan industri manufaktur mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberi manfaat untuk masyarakat.

Pada tahun ini, PT Krakatau Posco memperoleh Level Tertinggi (Level 5) pada Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI. Penghargaan diberikan oleh Andi Rizaldi selaku Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi pada 25 November 2022 di Jakarta kepada Direktur Technology and Business Development Krakatau Posco Zaenal Arifin Muslim.

Keberhasilan ini diperoleh dari hasil audit dan verifikasi oleh tim Auditor Industri Hijau Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang dilakukan sejak bulan Agustus 2022 berdasarkan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan dalam proses produksi.

Tercatat rata-rata pada tiga tahun terakhir, PT Krakatau Posco berhasil menghemat konsumsi energi sebesar 15% dengan memanfaatkan off-gas dari proses di Blast Furnace, Steel Making, dan Coke Oven Battery untuk digunakan pada proses produksi.

PT Krakatau Posco juga menerapkan penghematan air pada proses produksi dengan memanfaatkan air hujan sebagai air baku pada Reverse Osmosis sehingga dapat menghemat kebutuhan air proses sebesar 16% pada proses produksi khususnya di Steel Making Plant dan Continuous Casting Plant. Adanya penghematan pemakaian energi ini turut mendukung upaya menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 9% dari tahun sebelumnya.

PT Krakatau Posco secara konsisten telah melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mewujudkan tanggungjawab social secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dalam rangka berperan serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Kemenperin mengharapkan dengan diselenggarakannya Penghargaan Industri Hijau diharpakan target pengembangan industry hijau di tahun 2030 dapat tercapai, sehingga akan meningkatkan daya saing perusahaan industry, efisiensi sumberdaya alam, penurunan tingkat pencemaran, serta pemenuhan target program nasional,”ungkap Herman Supriadi selaku Kepala Pusat Industri Hijau Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/11/2022).

Ungkapan rasa terima kasih yang besar diungkapkan pula oleh Direktur Technology and Business Development, Zaenal Arifin Muslim, kepada seluruh tim yang terlibat dan berharap PT Krakatau Posco dapat terus meningkatkan efisiensi produksi dan kelestarian lingkungan.

"Dengan diraihnya penghargaan ini, PT Krakatau Posco telah membuktikan konsistensinya untuk terus bertransformasi menuju industri berkelanjutan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Hal ini diharapkan dapat menjadikan PT Krakatau Posco sebagai industri dalam negeri yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan terus berkembang menuju kinerja yang lebih baik dan mempunyai daya saing di kancah global, "kata Zainal Arifin Muslim. (Ardi/TN).

Komentar