PT Pratama Karsa Sosialisasikan APAR Kepada Para Guru

Suasana sosialisasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran. (Foto: TitikNOL)
Suasana sosialisasi penanggulangan dan pencegahan kebakaran. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - PT Pratama Karsa yang bergerak di bidang distributor alat pemadam api ringan (APAR), memberikan sosialisasi tentang penanggulangan dan pencegahan kebakaran di sekolah kepada para guru - guru di Kota dan Kabupaten Serang.

"Nanti Kami akan berikan simulasi di sekolah-sekolah tentang kebakaran dan cara menggunakan alat pemadam api ringan ini," kata Tb Efi Rafiudin saat memaparkan materi soal Apar di Gedung PGRI Provinsi Banten, Kamis 25/10/2018.

Efi menjelaskan, fungsi APAR bisa digunakan saat terjadinya kebakaran awal dengan frekuensi api yang belum terlalu besar. Namun, jika api sudah merambat hingga setara 600 - 1000 derajat celcius, APAR tidak bisa digunakan.

"Kalau melebihi drajat standar APAR, maka kita harus memanggil petugas pemadam kebakaran. Biasanya api akan membesar jika didiamkan selama 10 menit, maka suhu api itu langsung mencapai 1000 derajat Celcius," terangnya.

Selain itu, APAR juga harus ditempatkan di ruang terbuka yang bisa dilihat dan dijangkau orang banyak. Penempatan APAR jangan terlalu tinggi dan pendek, tetapi mudah dijangkau orang.

"APAR ini harus ditaruh di dinding, jangan sampai lebih 125 Cm tingginya dan jangan juga ditaruh dilantai," pungkasnya. (Wen/TN3)

Komentar