Puluhan Anak Jalanan Diamankan Polres Serang di Jalan Serang - Jakarta

Puluhan anak jalanan diamankan personil Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Serang dalam operasi Bina Kusuma Kalimaya 2019. (Foto: TitikNOL)Puluhan anak jalanan diamankan personil Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Serang dalam operasi Bina Kusuma Kalimaya 2019. (Foto: TitikNOL)
SERANG, TitikNOL - Puluhan anak jalanan diamankan personil Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Serang dalam operasi Bina Kusuma Kalimaya 2019.

Puluhan anak jalan (anjal) ini diamankan dari sejumlah lokasi sepanjang jalan raya Serang - Jakarta pada Rabu (13/11/2019). Di Mapolres Serang, para anjal ini dikumpulkan di ruang aula untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Kepala Urusan Binops Satbinmas, Ipda Asep Sudrajat mengatakan, fokus kegiatan operasi Bina Kusuma Kalimaya 2019 ini untuk pencegahan penyakit masyatakat, di antaranya aksi premanisme dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, kegiatan itu digelar juga untuk pencegahan dan penanganan perkelahian antar kelompok pelajar ataupun masyarakat.

"Jadi inti dari Operasi Bina Kusuma Kalimaya ini untuk menjaga suasana Kabupaten Serang yang aman nyaman dan terhindar dari gangguan kamtibmas lainnya," ungkap Asep Sudrajat.

Menurut Asep, Operasi Bina Kusuma Kalimaya akan digelar selama dua pekan. Selain melakukan penertiban terhadap anjal, Operasi Bina Kusuma Kalimaya akan dilaksanakan sambang kamtibmas kepada masyarakat sambil memberikan pembinaan dan penyuluhan terkait kamtibmas.

"Ini dalam rangka melakukan upaya pendekatan dan menjadikan mereka menjadi bagian dari keluarga kita," pungkasnya.

Terkait para anjal yang telah diamankan, lanjut Asep, pihaknya akan mengembalikan kepada keluarganya setelah dilakukan pendataan dan pembinaan.

Jika ada anjal yang terindikasi melakukan tindak pidana, seperti menyimpan narkoba dan senjata tajam atau lainnya, akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Sesuai fungsi, kita akan lakukan pembinaan. Namun jika dalam operasi ini ditemukan adanya tindak pidana, kita akan proses sesuai hukum yang ada," tandasnya. (Har/TN1)

Komentar