Ritual Seba Baduy

Rangkaian Acara Seba Baduy Dimulai Hari Ini

Ilustrasi warga suku Baduy saat melakukan tradisi Seba Baduy. (Dok:net)Ilustrasi warga suku Baduy saat melakukan tradisi Seba Baduy. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Rangkaian acara tahunan ritual Seba Baduy mulai digelar sejak Jumat (13/5/2016) ini. Ribuan warga Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, dijadwalkan mengunjungi Kantor Kecamatan Leuwidamar, sebelum bergerak ke Pendopo Kabupaten Lebak dan Pendopo Gubernur Banten.

Setelah mengunjungi (seba) ke Kantor Camat Leuwidamar, masyarakat Baduy akan bergegas ke Pendopo Kabupaten Lebak. Mereka dijadwalkan tiba di Pendopo Kabupaten Lebak pada malam harinya. Di sana mereka akan menemui Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. 

Perjalanan belum usai, warga Baduy yang dipimpin oleh Jaro Saija berjalan kaki menuju Pendopo Kabupaten Pandeglang. Mereka akan menemui Bupati Pandeglang Irna Narulita besok pagi, Sabtu (14/5/2016). Sebagian warga Baduy langsung menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Opar Sochari mengatakan, sebanyak 1.839 warga Baduy  akan menggelar perayaan Seba Baduy.

Daftar sementara warga Baduy yang akan ikut dalam acara tersebut yakni 1.752  orang berasal dari Baduy Luar dan 91 orang dari Baduy Dalam.

“Dimulai dari Kantor Kecamatan Leuwidamar sampai di bekas Pendopo Gubernur Banten (Taman Budaya Banten),” kata Opar.

Seba Baduy merupakan peninggalan leluhur tetua (Kokolot) yang harus dilaksanakan sekali dalam setiap tahun. Acara itu digelar setelah musim panen ladang huma.

Bahkan tradisi sudah berlangsung ratusan tahun sejak zaman Kesultanan Banten di Kabupaten Serang. (Red)

Komentar