Resahkan Warga, Polisi Buru Dua Macan Tutul Pemangsa Kambing Ternak di Lebak

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang dan Pos Militer (Posmil) dan Polsek Cilograng tengah memburu binatang buas. (Foto: TitikNOL)
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang dan Pos Militer (Posmil) dan Polsek Cilograng tengah memburu binatang buas. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Warga Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, diresahkan dengan banyaknya hewan ternak kambing mereka yang ditemukan mati.

Diduga, kematian kambing tersebut lantaran dimangsa oleh binatang buas berupa macan tutul yang lapar dan turun ke permukiman warga.

Dikatakan Kapolsek Cilograng, AKP Suparwono, sebanyak sembilan ekor kambing milik warga mati dan menjadi bangkai.

Warga menyebut, ada dua macan tutul yang berasal dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Diduga karena kelaparan, hewan dilindungi itu akhirnya memasuki permukiman warga sekitar.

"Sudah ada sebanyak sembilan kambing milik warga yang dimangsa," tandas AKP Suparwono.

Saat ini lanjut Suparwono, pihaknya bersama tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang dan Pos Militer (Posmil) Cilograng tengah memburu dua binatang buas tersebut.

"Kita bekerjasama dengan BKSDA lagi menentukan koordinat duhulu, untuk menentukan posisi dan bagaimana kita operasi. Mungkin satu atau dua tiga hari kedepan ada perkembangan, mudah - mudahan secepatnya kita bisa ketahui posisi binatang buas itu," ungkap Kapolsek kepada TitikNOL, Senin (29/4/2019).

Menurutnya, hingga saat ini belum diketahui pasti keberadaan dua macan tutul tersebut. Namun lanjut AKP Suparwono, tanda-tanda sudah ada karena sudah ada jejaknya

"Penemuan bangkai kambing juga kita telusuri sampai ke hutan, tapi belum nampak binatang buasnya," terangnya (Gun/Zal/TN1)

Komentar