Resmi Dibentuk, Bapera Banten Ingin Satukan Pemuda Nusantara

Suasana pembentukan organisasi masyarakat di Sekretariat Bapera Provinsi Banten, Perumahan Permata Banjar Asri, Kelurahan Banjarasari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu sore (12/7/2020). (Foto: TitikNOL)
Suasana pembentukan organisasi masyarakat di Sekretariat Bapera Provinsi Banten, Perumahan Permata Banjar Asri, Kelurahan Banjarasari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu sore (12/7/2020). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara (DPD Bapera) Provinsi Banten, resmi dibentuk sebagai organisasi kemasyarakatan baru.

Pembentukan dilakukan di Sekretariat Bapera Provinsi Banten, Perumahan Permata Banjar Asri, Kelurahan Banjarasari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu sore (12/7/2020).

Struktur kepengurusannya yakni Ketua Bapera Provinsi Banten Ali Hanafiah, Ketua Harian Aryo Maulana, Sekertaris Umum Kamaludin, Bendahara Umum Badrul Munir dan memiliki 60 Wakil Ketua Bidang.

Di antaranya Bidang Koperasi, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bidang Pariwisata, Bidang Hukum dan HAM, Bidang SDM, Bidang Organisasi dan Pengkaderan, Bidang Humas dan Protokol, Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bidang Ekonomi Kreatif.

Lalu Bidang Hubungan Antar Lembaga, Bidang Politik dan Kebangsaan, Bidang Sosial, Bidang Adminitrasi dan Desa Tertinggal, Bidang Pendidikan, Bidang Ketenagakerjaan, Bidang Teknologi, Bidang Perindustrian, Bidang Komunikasi dan Media, Bidang Pertanian, Bidang Kebudayaan, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Opini dan Propaganda, Bidang Keagamaan, Bidang Pemuda dan Olahraga, Bidang Satgas dan Keanggotaan

Ketua Bapera Provinsi Banten Ali Hanafiah menjelaskan, tujuan pembentukan organisasi kemasyarakatan tersebut salahsatunya berupaya merekrut gerenasi muda untuk saling berbaur, saling bersatu tanpa ada ras, agama, suku, etnis. Kedua, dalam rangka mengelar rapat perdana pembentukan kepengurusan DPD Bapera Provinsi Banten.

"Hari ini kepengurusan DPD Bapera Provinsi Banten harus final (selesai secara adminitrasi) ya, besok saya ke Jakarta menghadap Pak Ketum Fadh Rafiq," kata Ali saat memimpin rapat pleno.

Melalui Bapera, pihaknya ingin mempersatukan pemuda di Banten yang siap mendukung NKRI, sesuai taglinenya Nusantara Bersatu.

"Ini alasan Bapera Banten berdiri, mempersatukan pemuda tanpa ras, agama, suku dan sebagainya, yang tergabung dari berbagai elemen, dimana di dalamnya ada akademisi, birokrasi, LSM, stakeholder dan sebagainya. Ada agama islam, ada non muslim dan sebagainya, jadi tidak mengenal agama. Kami bersatu dalam rangka mendukung NKRI, mempersatukan NKRI," tegasnya.

Usai pembentukan Bapera Banten, dikatakan Ali, pihaknya akan fokus melakukan rapat konsolidasi internal, mulai dari pembentukan Bapera di tingkat Kabupaten/Kota. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan serentak yang direncanakan pada September 2020.

"Insya allah di bulan September nanti setelah rencana tadi, kami akan menggelar pelantikan Bapera Provinsi Banten dan Bapera Kabupaten/Kota, sekaligus menyusun program kerja atau rakerda (rapat kerja daerah). Artinya dari rakerda itulah kami akan menyusun program-program prioritas yang akan dilakukan oleh Bapera Provinsi Banten," tuturnya.

Oleh karena itu ia berharap, surat keputusan (SK) kepengurusan Bapera, baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota, harus segera diselesaikan dan ditandatangani oleh pengurus Bapera pusat.

"Harapan kami target harus sesuai rencana, oleh karena itu kami akan secepatnya menyelesaikan SK kepengurusan terlebih dahulu," ungkapnya. (TN1)

Komentar