Ribuan Karyawan Industri Divaksin Covid-19

CILEGON, TitikNOL - Sebanyak 2 ribu karyawan beserta keluarga di Krakatau Sarana Industri (KSI) mendapatkan vaksinasi gelombang kedua, yang bekerjasama dengan Disperindag Banten dan Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM).

Pada gelombang pertama, Sabtu, 07 Agustus 2021 sudah ada 650 karyawan yang disuntik vaksin covid-19. Selama proses vaksinasi, penerapan prokes dilakukan dengan ketat.

"Target 2 ribu orang, terdiri dari karyawan, keluarga dan vendor-vendor yang ada di dalam kawasan perusahaan. Ini vaksin kedua, yang pertama tervaksin 600 orang. Kita suport dari Disperindag, KSI group dan RSKM," kata Syaiful Rahman, corporate secretary PT KSI, dilokasi vaksin, Minggu (22/08/2021).

Syaiful bercerita, dari 2 ribu target sasaran vaksinasi, dilakukan selama dua hari, Sabtu-Minggu, 21-22 Agustus 2021. Pembagian waktu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan karyawan dilokasi vaksin.

"Vaksinasi berlangsung dua hari, hari ini dan besok. Kita dunia industri mendukung vaksinasi, makanya di dalam industri kita laksanakan vaksinasi terhadap pegawai," terangnya.

Dunia industri di Kota Cilegon, terutama di kawasan industri Krakatau Steel mendukung program vaksinasi yang dilakukan pemerintah, sebagai langkah melawan pandemi covid-19. Dimana, salah satu fungsi vaksin, mengurangi resiko berat dari paparan corona dan mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal.

Dunia industri ingin Kota Cilegon, khususnya kawasan industri menjadi zona hijau covid-19 agar bisa membantu pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

"Vaksinasi mendukung program pemerintah, mempercepat terbentuknya herd immunity, khususnya bagi kami di kawasan industri Krakatau steel. Kami juga sering berkomunikasi, berhubungan dengan perusahaan-perusahaan yang ada disekitar kawasan," kata Agung Laksono Nugroho, manager KSI, dilokasi yang sama, Minggu (22/08/2021).

Pemprov Banten mengaku akan terus mendukung vaksinasi yang dilakukan oleh dunia usaha. Selain mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal, bisa juga mengurangi resiko berat paparan covid-19.

Jika vaksinasi bisa berjalan dengan lancar, baik di dunia usaha maupun masyarakat umum, dunia industri bisa terus membangkitkan ekonomi daerah maupun nasional.

"Sesuai arahan Gubernur Banten, Bapak Wahidin Halim, kita harus bahu membahu, bergotong royong melakukan vaksinasi di dunia industri khususnya. Harapannya, bisa meningkatkan imunitas tubuh dari para pekerja dari paparan covid-19," kata Kepala Disperindag Banten, Babar Soeharso, ditempat yang sama, Minggu (21/08/2021).

Menurut Babar, pada Sabtu, 21 Agustus 2021 kemarin, pelaksanaan vaksinasi bukan hanya di PT KSI saja, namun ada dibeberapa lokasi lainnya, yakni PT Statomer di Kota Cilegon ada 150 karyawan hingga PT NS di Modern Cikande, Kabupaten Serang, sebanyak 200 orang.

"Jadi di hari Sabtu kemarin, total vaksin ada 2.350 pegawai dan buruh," ujarnya. (TN1)

Komentar