Ritual Seba Baduy

Ribuan Warga Suku Baduy Mulai Padati Alun-alun Ciboleger

Warga Baduy saat mempersiapkan hasil bumi untuk diserahkan kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten. (Foto:TitikNOL)Warga Baduy saat mempersiapkan hasil bumi untuk diserahkan kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten. (Foto:TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Sebanyak 1.839 ribu warga Baduy mulai memadati Alun-alun Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Ribuan warga suku Baduy tersebut berkumpul guna persiapan melakukan perjalanan seba menuju pendopo Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (Ibu Gede).

Seluruh hasil bumi yang diperoleh warga Baduy dalam dan warga Baduy luar pun turut disiapkan untuk diserahkan kepada Bupati Lebak.

Dari keseluruhan warga Baduy yang akan turut dalam ritual seba ini, sebagian dari warga Baduy dalam telah bergerak berjalan menuju kantor pusat pemerintahan Kabupaten Lebak sejak pukul 05.00 WIB.

Sementara untuk warga Baduy luar akan berangkat sekitar pukul 13.00 WIB siang ini, yang nantinya sebelum menuju ke Pendopo Bupati Lebak seluruh warga Baduy akan berkumpul di terminal Aweh untuk dilakukan penyambutan dari pihak pemerintah daerah.

Baca juga: Besok, 1.839 Ribu Warga Baduy Akan Melakukan Ritual Seba

"Ya sebelum menuju Pendopo, seluruh masyarakat Baduy terlebih dahulu akan berkumpul di terminal Aweh untuk dilakukan penyambutan dan tidak diperkenankan melintasi jembatan kampung Keong sebagai gerbang masuk Pendopo, karena merupakan sebuah pantangan," kata Tajudin, Asda IV Pemkab Lebak, Jum'at (13/5/2016).

Sesuai jadwal, rencananya setelah menemui Bupati Lebak, ribuan warga suku Baduy akan kembali melanjutkan perjalanan menuju pendopo Gubenur Banten di Serang. (Gun/red)

Komentar