RSDP Serang Isolasi Dua Pasien, Satu dalam Kondisi Baik

Ilustrasi. (Dok: Kicknews)
Ilustrasi. (Dok: Kicknews)

SERANG, TitikNOL - Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang, merawat dua pasien di ruangan isolasi untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kepala Humas RSDP Serang Khoirul Anam mengatakan, kedua pasien ini mendapat perawatan intensif sesuai protap medis karena mengalami flu biasa, batuk, pilek, demam hingga sesak napas.

Namun ia menyebutkan, pasien pertama yang di isolasi sudah dalam keadaan membaik. Meski demikian, hingga kini pihaknya masih menunggu kejelasan hasil laboratorium dari Litbangkes Jakarta.

"Pasien masih di ruang Isolasi. Kondisi pasien sudah baik, tidak ada sesak, tidak batuk, tidak demam. Kami tinggal menunggu hasil Laboratorium dari Jakarta," katanya saat dihubungi via whatsapp, Senin (09/02/2020).

Sedangkan untuk pasien kedua, Anam belum memastikan kondisi pasien tersebut terjangkit virus covid 19 atau Corona. Namun yang pasti pasien mengalami gejala klinis yang sama dengan pasien pertama. Terlebih, yang dapat menentukan pasien terpapar Corona adalah Litbangkes Jakarta.

Pasien kedua ini dibawa oleh keluarganya dan mulai dirawat di RSDP Serang pada hari minggu (08/03) pada waktu dini hari pukul 01:00 WIB.

"Ada 1 (Pasien yang di isolasi) lagi. Benar pak, perlakuan sama dengan pasien ke 1. Gejala-gejala klinis yang sama," jelasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, makan makanan gizi yang seimbang, cuci tangan kaki sabun dengan air yang mengalir serta yang wajib adalah bila demam dan sesak nafas segera berobat ke fasilitas kesehatan.

"Himbauan untuk masyarakat agar rajin berolahraga dan istirahat cukup, gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam serta minum air putih 8 gelas perhari," terangnya. (Son/TN1)

Komentar