Ruang ICU Covid-19 di Banten Hampir Penuh, Realisasi Vaksinasi Jauh dari Target

Ilustrasi. (Dok: Pikiranrakyat)
Ilustrasi. (Dok: Pikiranrakyat)

SERANG, TitikNOL - Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan kegundahannya terkait hampir penuhnya ruang Intensive Care Unit (ICU) di rumah sakit yang ada di Banten.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten 25 Januari 2021, ruang ICU tersedia 192 tempat tidur, terpakai 183 atau 95 persen. Kemudian ruang perawatan tersedia 3.021 tempat tidur, terpakai 2.636 atau 87 persen. Sedangkan untuk rumah singgah tersedia 914 tempat tidur, terpakai 799 atau 87 persen. Untuk itu, masyarakat diminta disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Saya mengingatkan ulang kepada warga Banten, untuk tetap disiplin protokol kesehatan di rumah, di jalan, maupun di mana saja. Juga menjaga jarak. Memakai masker tapi kalau tidak menjaga jarak tetap bisa terpapar," katanya saat di Rumdin Gubernur Banten, Rabu (27/1/2021) kemarin.

Pria yang kerap disapa WH itu menuturkan, rumah sakit memiliki keterbatasan tenaga medis dalam mengurus pasien Covid-19. Mengingat, orang yang dirawat bukan hanya warga yang memiliki gejala terinfeksi virus Corona. Sehingga akan menjadi masalah jika tidak didukung dengan sikap disiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Sekarang klasternya bukan hanya dari perkantoran dan tempat-tempat berkumpul, tapi juga dari rumah tangga. Oleh karena itu, harus ada kepedulian kita untuk saling menjaga, saling melindungi dan saling menghormati," ungkapnya.

Di sisi lain, Gubernur menerangkan, presentasi pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan masih jauh dari target. Dari target 46 ribu tahap pertama, baru mencapai 6.000 tenaga kesehatan yang telah di vaksin.

Orang nomor satu di Banten itu mengingatkan, agar masyarakat untuk tidak percaya terhadap isu-isu yang tidak jelas atau hoax, yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Kalau perlu, tanyakan ke rumah sakit atau kepada mereka yang sudah disuntik vaksin. Pada pemerintah mulai dari Camat, Wali Kota, Bupati, atau Gubernur, silakan bertanya. Jangan terpengaruh provokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," terangnya.

Terakhir, Gubernur menghimbau agar kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan keramaian, tidak dilaksanakan. Agar Banten terbebas dari pandemi virus Corona.

"Corona bisa kita tangani kalau kita semua ikut ambil bagian. Mulai dari lingkungan keluarga, disiplin melaksanakan protokol kesehatan," tukasnya. (TN1)

Komentar