Rumah Terbakar, Ratusan Warga Suku Baduy Mengungsi

Ratusan warga suku Baduy mengungsi dan tinggal sementara di rumah tetangga yang tidak terbakar. (Foto: Istimewa)
Ratusan warga suku Baduy mengungsi dan tinggal sementara di rumah tetangga yang tidak terbakar. (Foto: Istimewa)

LEBAK, TitikNOL - Puluhan rumah permukiman suku Baduy luar di kampung Cisaban, desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak hangus terbakar, Selasa malam (23/5/2017) sekira pukul 18.30 WIB. Akibatnya, ratusan warga harus mengungsi dan tinggal sementara di rumah tetangga yang tidak terbakar.

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut."Masih disekitar tetangganya masing-masing, terus kita juga sedang membuat tenda sementara," kata Kaprawai dihubungi via telepon, Rabu (24/5/2017).

Baca juga: Puluhan Rumah Warga Suku Baduy Hangus Terbakar

Kaprawi mengaku saat ini sedang dilakukan penanganan disekitar untuk mendirikan posko logistik dan pengungsian untuk para warga yang rumahnya terbakar.

"Ada 84 rumah, 105 kepala keluarga dan 365 jiwa, penanganan sudah dilakukan, penyelematan masyarakat secara maksimal, posko pengungsian dan logistik sedang kita lakukan," ungkapnya.

Adapun penyebab kebakaran menurut Kaprawi, api berasal dari tungku pengolahan gula aren."Dari tungku sekitar 18.30 WIB, di kawasan baduy luar. Sejauh ini alhamdulillah selamat tidak ada korban jiwa," pungkasnya.

Sementara itu, sejauh ini pihak BPBD Lebak belum bisa menaksir kerugian akibat peristiwa kebakaran yang menelan 84 rumah tersebut. (Gat/Gun/red)

Komentar