Saluran Air Tertutup Material Proyek PT Lotte, Warga Kruwuk Kebanjiran

Warga bersama anggota kepolisian saat meninjau saluran air yang terganggu naterial PT Lotte Cemical Indonesia. (Foto: TitikNOL)Warga bersama anggota kepolisian saat meninjau saluran air yang terganggu naterial PT Lotte Cemical Indonesia. (Foto: TitikNOL)
CILEGON, TitikNOL - Warga yang tinggal di Lingkungan Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, mengeluhkan saluran pembuangan air ke laut yang tertutup oleh material pembangunan proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI).

Akibatnya, saat terjadi hujan lebat, bangunan warga yang letaknya tak jauh dari lokasi proyek terendam banjir hingga satu meter.

"Banjirnya satu meter lebih, tadi jam 4 subuh sampai pagi. Sebelum ada proyek Lotte tidak pernah banjir separah ini, pernah banjir tapi lewat aja cepat surutnya. Ada dua gorong sementar tapi kecil-kecil dan tidak bisa menampung air biasanya lancar," ungkap Hamdi, salah seorang warga yang diwawancarai wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Selain merendam pemukiman warga, banjir yang disebabkan oleh proyek Lotte juga merendam lahan persawahan warga hingga mengalami kerusakan dan terancam gagal panen.

"Sawah juga terendam, bagaimana ini tidak bisa panen dan tanaman lainnya juga terendam banjir," jelasnya.

"Sebetulnya sebelum sidang Analisa Dampak Lingkungan dan sebelum izin keluar, tolong diperhatikan dahulu saluran air. Karena ini sudah jelas ada resikonya kepada warga. Sebelum dibenahi, banjir akan terjadi lagi dan pihak managemen PT Lotte hanya bisa janji saja dan tidak melakukan perbaikan jadi percuma," kata Ketua RW 07 Taufikurohman saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Humas PT Lotte Chemical Indonesia Nurman, menolak memberikan keterangan kepada awak media. (Ardi/TN1).

Komentar