Sebanyak 3.418 Orang Berkunjung ke Museum Multatuli Selama Libur Natal

Suasana pengunjung Museum Multatuli. (Foto: TitikNOL)
Suasana pengunjung Museum Multatuli. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kunjungan ke Museum Multatuli, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak melonjak tinggi dibandingkan hari biasanya. Selama libur panjang sekolah dalam rangka Natal dan Tahun baru 2024, tercatat sekitar 3.418 orang yang berkunjung ke Museum Multatuli pada bulan Desember 2023.

“Kedatangan para pengunjung ke Museum Multatuli ini karena mereka tertarik akan adanya sejarah. Hampir setiap hari pada libur sekolah ini pengunjung mengunjungi museum dan melihat berbagai koleksi benda cagar budaya di dalamnya. Termasuk patung Multatuli, Saidja, dan Adinda,” kata Kepala UPT Museum Multatuli, Ubaidillah kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Dirinya mengatakan, mayoritas para pengunjung masih berasal dari wilayah Banten. Hal itu dikarenakan mudahnya moda transportasi untuk berkunjung ke Museum Multatuli Rangkasbitung.

“Kedatangan para pengunjung tidak sekedar melihat koleksi yang ada di Museum Multatuli, tapi juga para pengunjung ingin lebih mengetahui sejarah Lebak,” imbuhnya.

Diungkapkannya, Museum Multatuli ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan museum lain yang ada di Indonesia. Hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi para pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia tertarik datang ke Lebak untuk berkunjung ke Museum Multatuli.

“Banyak pula para pengunjung yang hanya berfoto dihalaman museum,” terangnya.

Selain bisa menambah pengetahuan sejarah, Kata dia para pengunjung juga bisa berswa foto bersama beberapa patung yang berada di halaman museum.

Salah seorang pengunjung, Nurhasanah mengatakan, dirinya sengaja membawa anak-anak berlibur ke Museum Multatuli.

“Selain jaraknya dekat, dan harga tiket yang murah, sekalian bisa memperkenalkan sejarah Kabupaten Lebak kepada anak-anak,” tandasnya. (KYD/TN)

Komentar