Sejumlah Desa di Lebak Disebut Belum Laksanakan Kegiatan PPKM Mikro Desa

Ilustrasi. (Dok: Gunungkidul)
Ilustrasi. (Dok: Gunungkidul)

LEBAK, TitikNOL - Badan Koordinasi (BK) LSM Kabupaten Lebak menyebut, sejumlah desa di Kabupaten Lebak belum melaksanakan kegiatan PPKM Mikro Desa yang didanai Dana Desa.

"Sebagian besar (desa) banyak yang belum melaksanakan, terutama pengadaan Posko Covid, Sosialisasi, serta Tracking dengan Tenaga Medis," kata Mamik Selamet, Kordinator BK LSM Kabupaten Lebak, Selasa (8/6/2021) di Rangkasbitung.

Bahkan lanjut Mamik Selamet, diduga logistik Covid di beberapa desa belum dibelanjakan.

"Entah tidak tahu soal PPKM Mikro, entah apa," ujarnya.

Yang jelas kata Mamik, anggaran Dana PPKM Mikro desa ini dianggarkan minimal 8 persen dari Dana Desa (DD). Seharusnya kata Mamik, sejak DD 2021 terealisasi, PPKM Mikro ini segera dilaksanakan.

"Kalau belum (dilaksanakan) ini jadi pertanyaan kita selaku masyarakat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jika desa - desa belum melaksanakan kegiatan tersebut, anggarannya kemana,?" tandas Mamik.

Kata Mamik, di saat presiden Jokowi dan jajaran kabinetnya (Menteri) terus mensosialisasikan penanganan Covid-19, dengan menerapkan PSBB dan mengeluarkan Peraturan-Peraturan, Desa-Desa di Kabupaten Lebak seolah leha - leha dan menganggap PPKM Mikro ini tidak penting padahal ada anggarannya.

"Gugus tugas (Gustu) Covid Kabupaten, Kecamatan, Desa, perlu bersinergi secara aktif, bersama-sama melaksanakan program dan kegiatan itu," imbuh Mamik.

Sementara itu, hingga berita ini dilansir, TitikNOL masih mengupayakan mendapat konfirmasi dari Dinas PMD Kabupaten Lebak. (Gun/TN1).

Komentar