Sempat Bersitegang, Puluhan Securiti dan Cleaning Sercive Geruduk ASDP Merak

Puluhan securiti dan cleaning service saat menggeruduk Kantor ASDP Merak. (Foto: TitikNOL)
Puluhan securiti dan cleaning service saat menggeruduk Kantor ASDP Merak. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL – Puluhan securiti dan cleaning service yang bekerja di Dermaga Eksekutif Merak, menggeruduk Kantor PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Senin (1/2/2021). Aksi itu mereka lakukan, karena menolak keras adanya pengurangan pekerja oleh PT. Indonesia Ferry Property yang merupakan anak perusahaan PT. ASDP Indonesia Ferry.

Puluhan karyawan yang bekerja di Dermaga Eksekutif Merak itu berstatus karyawan kontrak. Mereka rata-rata habis kontrak pada 31 Januari 2021. Total pekerja semuanya mencapai 47 orang. Mereka terdiri dari securiti dan cleaning service. Dari 47 orang itu, manajemen PT. Indonesia Ferry Property tidak memperpanjang kontrak sebanyak 12 orang.

"Saya tujuannya ingin dipekerjakan kembali seperti biasanya, itu saja," kata salah seorang pekerja, Jafrudin, kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Senin (1/2/2021).

Ketegangan juga sempat terjadi antara para demo dan manajemen PT. Indonesia Ferry Property.

"Alasannya (tidak perpanjang kontrak) efisiensi, kerugian dari pihak manajemen dan lain-lain. Intinya satu kerja, kerja semua," ujarnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Kerja Sama Operasi (KSO) PT. Indonesia Ferry Property, Darmansyah, mengamini bahwa mereka sudah habis masa kontraknya. Manajemen tak bisa memperpanjang, lantaran terimbas pandemi dan tak mampu menggaji karyawan jika semua dipekerjakan kembali.

"Jadi saya katakan ini bukannya protes, tapi memperjuangkan kami juga sebagai manajemen yang sekarang ini sedang berproses bahwa kontrak mereka itu semuanya sudah selesai. Kita akan proses perpanjang, tapi tidak semuanya bisa kita perpanjang karena kondisi pandemi ini," jelasnya. (Ardi/TN1).

Komentar