Sempat Tinggal di Cilegon Selama 4 Hari, WNA Asal Pakistan Positif Covid-19

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon , Dana Sukasani saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon , Dana Sukasani saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL – Seorang warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan bernama Saleem, positif Covid-19. Sebelum dinyatakan positif, WNA tersebut sudah berada di Kota Cilegon selama empat hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Saleem merupakan kapten kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax milik PT. Pertamina. Saleem sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten pada 26 Juni 2020 lalu. Namun, yang bersangkutan ditanyatakan bersih dari Covid-19 hingga akhirnya diperbolehkan turun dari kapal.

Saleem turun dari kapal bermaksud untuk pulang ke negara asalnya menggunakan pesawat. Karena hasil tes PCR menjadi salah satu syarat untuk bisa terbang, Saleem pun akhirnya melakukan tes tersebut di Laboraturium Kimia Farma Jakarta.

Selama menunggu hasil tes dari 27 Juni hingga 30 Juni, Saleem tinggal di Hotel The Royale Krakatau Cilegon.

Kemudian pada tanggal 30 Juni, sebelum hasil tes PCR keluar, Saleem bersama agennya nekat pergi ke Bandara Soekarhon Hatta, karena tanggal tersebut jadwal penerbangan yang akan membawanya ke Pakistan.

Setibanya di bandara, jadwal penerbangan kapal dicancel, pada kesempatan yang sama juga ia mendapatkan informasi bahwa hasil tes PCR keluar dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Saat mengetahui positif Covid-19, Saleem dan agennya justru kembali ke Hotel The Royale Krakatau untuk kembali menginap.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Dana Sukasani, membenarkan adanya WNA asal Pakistan yang positif Covid -19 tersebut. Dia mengatakan, saat ini yang bersangkutan sudah dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta.

“Kita tahunya 1 Juli kemarin, terus langsung kita bawa ke Wisma Atlet Jakarta,” ujar Dana, Kamis (2/7/2020).

Setelah membawa WNA tersebut ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta, kata Dana, pihaknya pun melakukan penelusuran. Informasi sementara, selama tinggal di Kota Cilegon, WNA tersebut tetap berada di kamar hotel.

"Yang mengurus segala keperluan Saleem serta komunikasi dengan pegawai hotel adalah agen. Jadi selama di Cilegon Saleem hanya di kamar aja, gak ada kontak langsung pegawai hotel," jelasnya (Ardi/TN1).

Komentar