Minggu, 14 Juli 2024

Sepi Pembeli, Pasar Gajrug Lebak Ditinggal Pedagang

Kondisi pasar tipe A Gajrug Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Kondisi pasar tipe A Gajrug Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kondisi pasar tipe A Gajrug Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, ditinggal pedagang lantaran sepi pembeli.

Padahal, pasar tersebut telah diresmikan pada pertengahan tahun 2022. Pasar yang dibangun miliaran tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Pantauan TitikNOL dilapangan, kondisi pasar Gajrug tampak lengang. Banyak kios-kios pedagang, baik di bagian blok depan maupun di dalam tampak tutup.

Pengelola Pasar Gajrug, Ely Suhaeli mengatakan, pemerintah daerah harus mencarikan solusi soal sepinya pasar.

"Iya sepi, saat ini kios atau lapak di Pasar Gajrug kira-kira hanya terisi sekitar 15 hingga 20 persen saja," ujar Ely Suhaeli, Rabu (1/2/2023).

Menurutnya, pasca pasar diresmikan kios atau lapak di Pasar Gajrug terisi sekitar 90 persen oleh pedagang. Namun, karena di pasar itu sepi pengunjung atau pembeli, maka pedagang banyak yang mundur.

"Saking sepinya, banyak pedagang yang tak mampu bertahan. Sekarang yang bertahan, mungkin hanya usaha permainan, itu pun di blok depan. Kalau di dalam sama sekali tidak ada," ungkapnya

Agar Pasar Gajrug ramai, kata dia, para pedagang sempat meminta agar Disperindag mencarikan solusi, salah satunya dengan menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas dinilai berpengaruh untuk menarik pengunjung berbelanja di pasar Gajrug. Hanya saja, permintaan para pedagang belum juga direspon.

"Kami pedagang sudah meminta agar ada rekayasa lalu lintas agar mobil angkutan kota atau angkot masuk melintas jalur pasar," katanya,

Sementara, Kepala Dinas perindustrian perdagangan dan pasar (Disperindagpas) Lebak, Orok Sukmana belum memberikan keterangan terkait sepinya pasar Gajrug. Mengingat saat dikonfirmasi, telepon genggamnya gangguan signal.

"Iya siapa ini, saya cari signal telponnya dulu yah," ujar Kadisperindag Lebak ini diujung telpon selulernya. (Gun/TN3)

Komentar