Siklon Tropis Paddy Kapal Cargo Tenggelam

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

MERAK, TitikNOL - Kapal Cargo Sumber Cahaya yang akan berlayar dari Kepulauan Natuna menuju Merak tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Selasa (23/11/2021). Kapal tersebut membawa sebanyak 15 awak kapal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banten, Adil Triyanto S.IP.,M.M mengatakan, peristiwa ini duketahui pada Rabu (24/11/2021). Saat itu Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten terima info dari Basarnas Command Center mengenai Sinyal distress alert di Perairan Kepulauan Seribu.

Setelah di konfirmasi, sinyal distress tersebut dipancarkan dari Kapal Sumber Cahaya yang mengalami kandas dan tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Seribu pada Rabu (24/11/2021).

Kapal Sumber Cahaya dengan berjenis Cargo berukuran 40 M dengan POB (person on board) 15 orang ini berlayar dari Natuna Menuju Merak. Namun diperjalanan kapal tersebut kandas serta tenggelam akibat kebocoran kapal.

"Cuaca Ekstrim yang melanda Wilayah Laut Jawa lebih tepat nya di wilayah Kepulauan Seribu pada Selasa 23 November 2021," katanya Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, kapal tersebut langsung di Evakuasi oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa ke Etrolium Axcesior (tempat pengeboran minyak).

"Saat melakukan evakuasi, Kantor SAR Banten memberangkatkan 1 Unit KN SAR Tetuka untuk melaksanakan evakuasi pada Crew Kapal Sumber Cahaya dengan 15 orang Penumpang pada pukul 09.53 WIB," katanya.

KN SAR Tetuka dengan POB 8 orang (1 Nahkoda, 1 Kasubsie Operasi dan Siaga KPP Banten, 6 ABK) tiba di LKP pada pukul. 12.24 WIB dan langsung mengevakuasi Crew dari Etrolium Axcesior ke Dermaga Pantai Mutiara Jakarta dan tiba pukul 16.39 WIB dalam keadaan selamat. (TN2)

Komentar