Soal Dugaan Mark Up Harga Pengadaan Lahan USB SMA/SMK, Kadindik Banten: Tudingan Tidak Berdasar

Asep Ubaidillah KCD Pendidikan dan Kebudayaan Banten Wilayah Lebak. (Foto: TitikNOL)
Asep Ubaidillah KCD Pendidikan dan Kebudayaan Banten Wilayah Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, angkat bicara ihwal dugaan mark up atau pengelembungan harga pengadaan lahan unit sekolah baru (USB) SMA/SMK di Kabupaten Lebak.

Kepala Dindikbud Banten, Tabrani menyebutkan tudingan yang dilontarkan Sekretaris KNPI Provinsi Banten tentang dugaan mark up pengadaan lahan sekolah di Lebak, tidak berdasar.

"Itu sekretaris KNPI apa dasar dugaannya, data apa yang digunakan?," tanyanya saat dikonfirmasi lewat pesan whatshapp, Selasa (4/1/2022).

Menurut Kadisdikbud Banten, pengadaan lahan untuk USB SMA/SMK sudah sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

"Semua sudah sesuai prosedur," katanya singkat.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Banten Wilayah Kabupaten Lebak, Asep Ubaidillah mengaku tidak mengetahui jumlah SMA/SMK yang mendapatkan pembangunan unit sekolah baru (USB) di Lebak.

"Saya justru masih belum tahu datanya. Secara teknis kami tidak terlibat jadi atau tidaknya, itu kan mereka punya tim FS (feasibility studi). Sampai tim aprrisial kita tidak tahu, apalagi saya masih baru. Titik lahan di mana bahkan saya enggak tahu, jadi silahkan saja itu diangkat,"ujarnya Asep Ubaidillah.

Baca juga: Dugaan Mark Up Harga Pengadaan Lahan USB SMA dan SMK di Lebak Mencuat

Asep menyampaikan, mekanisme dan titik pembeliah lahan untuk USB tidak mengetahuinya. Yang dia tahu, hanya lahan yang gagal dibeli.

"Saya tahunya dari Pak Kadis hanya yang ada gagal pembelian lahan saja, terkait mekanisme dan prosedurnya atau di titik mana saya nggak tahu," imbuh KCD Pendidikan wilayah Lebak ini.

Perlu diketahui, pada tahun 2021 di Kabupaten Lebak sejumlah SMA dan SMK mendapatkan proyek unit sekolah baru (USB) yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten. (Gun/TN3)

Komentar