Tabrak Pembatas Jalan, Truk Muatan 12 Ton Zat Kimia Terguling, Cairannya Tumpah ke Jalan

Polisi saat mengevakusi tumpahan 12 ton kumia (istimewa)
Polisi saat mengevakusi tumpahan 12 ton kumia (istimewa)

CILEGON, TitikNOL - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Suralaya-Merak tepatnya di depan kantor Polair Suralaya Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Akibatnya, 12 ton cairan hydrochloric (Hcl) tumpah di jalan.

Peristiwa itu terjadi 25 Juni sekira pukul 16:30 WIB. Truk tanki kimia Nopol B-9448-XJ yang dikendarai pria inisial KA (24).

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo menurutkan, peristiwa berawal pada saat truk melaju dari arah Suralaya menuju Merak yang akan di bawa ke PT Cakrawala yang berada di Tangerang.

Sesampainya di TKP, fungsi rem kendaraan truk tangki dengan membawa muatan HCL 32 persen sebanyak 12.340 kg tidak berfungsi dengan sempurna.

"Sopir mencoba membanting stir ke kanan hingga menabrak pembatas jalan, akibatnya mobil terguling dan muatan 12 ton bahan kimia tersebut tumpah membasahi jalan sehingga membuang ke kanan jalan dan menabrak pembatas jalan, kemudian mobil terguling,” tuturnya, Minggu (26/6/2022).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir hingga Rp10 juta.

“Benar telah terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas truk tanki membawa muatan Hcl terguling, akibat dari kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi sebesar Rp10.000.000,” kata Yusuf.

Komentar