Tahun Ini, Kerbau di Banten Bersertifikasi

Didampingi Sekda Banten Ranta Soeharta, Kepala Distanak Provinsi Banten saat mengunjungi kontes kerbau di Agro Techno Park, Curug, Kota Serang, Banten, Rabu (7/9/2016). (Foto: TitikNOL)
Didampingi Sekda Banten Ranta Soeharta, Kepala Distanak Provinsi Banten saat mengunjungi kontes kerbau di Agro Techno Park, Curug, Kota Serang, Banten, Rabu (7/9/2016). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten, Agus Tauchid mengatakan, mulai tahun ini, kerbau di Banten akan mendapatkan sertifikasi. Saat ini, prosesnya pun tengah berlangsung.

Selain itu, Pemrov juga akan membuat Kampung Kerbau untuk pengembangan dan pelestarian kerbau Banten.

"Untuk sertifikasi masih kita proses dan kita akan telusuri dulu sejarah kerbau yang ada di Banten saat ini. Siapa tau kan bibit kerbau ternyata ada turunan India. Dan Kita juga akan membuat kampung kerbau yang terpadu," kata Agus saat ditemui usai kontes kerbau di Agro Tekno Park, Kota Serang, Rabu, (7/9/2016).

Baca juga: Ini Juara Kontes Kerbau dan Kambing Distanak Banten

Adapun untuk tempat pembuatan Kampug Kerbau, lanjut Agus, akan dilakukan seleksi dari tiga wilayah populasi terbanyak kerbau Banten Yakni, Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kota Serang.

"Apakah di Lebak, Pandeglang atau Kota Serang, akan kita seleksi dan akan kita jadikan wahana agro teknik terbaik. Kalau melihat populasi Tertinggi, urutan pertama di Lebak menyusul Pandeglang dan Kota Serang," lanjutnya.

Baca juga: Sekda Banten: Pemprov Sudah Siapkan Lahan 20 Hektar untuk Pengembangan Kerbau

Tak hanya itu, Kampung Kerbau ini kedepannya akan dilakukan secara terpadu, dimana bekerja sama dengan para pelaku usaha dan peternak kerbau dalam pengembangan dan pemasaranya.

"Nanti kampung kerbau ini bersama dengan para peternak dan pelaku usaha baik dalam pemasaran maupun pengembangan,"pungkasnya. (Meghat/rif)

Komentar