Tak Hanya Lebak, Pandeglang Pun Diterjang Banjir

Meluapnya sungai di sejumlah daerah membuat beberapa Kecamatan di Kabupaten Pandeglang terendam banjir. (Foto: TitikNOL)Meluapnya sungai di sejumlah daerah membuat beberapa Kecamatan di Kabupaten Pandeglang terendam banjir. (Foto: TitikNOL)

PANDEGLANG, TitikNOL – Banjir di Banten ternyata tak hanya melanda Lebak, tetapi juga di Pandeglang. Terbukti, ribuan rumah terendam banjir akibat meluapnya sungai di sejumlah daerah.

Pantauan langsung, ada sekitar 4.236 rumah dari delapan kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang terendam banjir. Yakni kecamatan Patia, Pagelaran, Cikeusik, Sobang, Cigeulis, Panimbang, Angsana dan Munjul.

Di Patia, desa Idaman, Kabupaten Pandeglang, banjir merendam pemukiman warga hingga setinggi satu setengah meter. Akibatnya, sejumlah barang-barang milik warga yang tak sempat diselamatkan ikut terendam banjir.

“Hujan deras yang mengakibatkan meluapnya sungai. Ada sungai Cilemer, Cisanggoma dan sungai Ciliman. Tapi saya belum mau dievakuasi, karena masih bertahan nunggu surut,” kata Ratu salah satu korban banjir.

Baca juga: BPBD Lebak Mulai Salurkan Bantuan Kebutuhan Pokok untuk Korban Banjir

Sementara itu, Bupati Irna Narulita yang meninjau lokasi banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Pandeglang mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami warganya.”Meski pemerintah sudah melakukan pembangunan tanggul, ternyata belum juga bisa mengatasi masalah banjir,” keluh Irna.

Ia mengaku pembanguann tanggul tak memecahkan masalah banjir dan dirinya berencana akan merelokasi warga, terutama warga di desa Idaman. Di sana merupakan daerah yang terparah jika banjir melanda.

“Sebelum merelokasi kita akan mengajak bicara warga agar mau direlokasi ke tempat yang lebih aman,” ungkapnya. (Gat/Rif)

TAG banjir
Komentar