Tekan Harga Bawang Putih, Pemprov Banten Gelar Operasi Pasar

Operasi pasar Dinas Perdagangan Provinsi Banten di Pasar Induk Rau Kota Serang, Selasa (30/4/2019).Operasi pasar Dinas Perdagangan Provinsi Banten di Pasar Induk Rau Kota Serang, Selasa (30/4/2019).

SERANG, TitikNOL - Dinas Perdagangan Provinsi Banten, menggelar operasi pasar di Pasar Induk Rau Kota Serang, Selasa (30/4/2019).

Langkah ini dilakukan ntuk menekan harga bawang putih yang terus merangkak naik. Dalam operasi pasar ini pihak dinas menyiapkan 7,2 ton bawang putih.

Untuk di Pasar Rau, Disperindag Banten menyediakan 3,6 ton bawang putih sementara sisanya dikirim ke Pasar Kranggot, Kota Cilegon.

“Dalam operasi pasar ini pembeli diperbolehkan membeli dengan batas maksimal 40 kilogramnya, satu kilogram dijual dengan harga Rp30 ribu untuk harga eceran, Rp20 ribu untuk harga grosir,” kata Kasi Sarana Dan Distribusi Disperindag Provinsi Banten Iman Santoso.

Pantauan di lokasi, selain warga yang banyak membeli, terpantau operasi pasar ini pun dimanfaatkan oleh para pedagang. Pasalnya, para pedagang mengaku harga eceran bawang putih di pasaran saat ini mencapai Rp40 ribu perkilogramnya.

“Meski banyak pedagang yang ikut membeli, kami melarang mereka menjual ke konsumen di atas Rp30 ribu,” ungkapnya.

Baca juga: Harga Bawang Putih Naik Dua Kali Lipat Jelang Puasa

Selain menggelar operasi pasar, pemprov dan Polda Banten juga akan terus menjaga jalur distribusi sembako menjelang bulan ramadhan ini.

Dengan adanya pemantauan jalur distribusi ini, diharapkan tidak ada pedagang atau tengkulak yang melakukan penimbunan barang.

Sementara itu, Aas, salah satu pembeli mengaku senang dengan adanya operasi pasar ini, pasalnya ia bisa membeli harga murah.

”Bawang putih kan mahal, kalau ada ini mah kan terbantu kami nya mas murah,” singkatnya. (Gat/TN1)

Komentar