Terduga Pelaku Pencurian Diamankan Warga Rangkasbitung saat akan Kabur

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

LEBAK, TitikNOL - Seorang pria berusia sekitar 30 tahun mengaku bernama Yayan alias Gembol, warga Kampung Bendungan, Desa Citeras, Kecamatan Rangkasbitung, diamakankan oleh sejumlah warga Kampung Pasir Jengkol, Desa Pabuaran, Kecamatan Rangkasbitung, sekira pukul 02.30 WIB dini hari tadi, Senin (14/12/2020).

Diduga, pria yang diamankan oleh warga itu merupakan pelaku pembobol rumah dan warung yang kerap beraksi di wilayah hukum Polsek Rangkasbitung Polres Lebak.

Informasi yang diperoleh dari Jaenal Abidin (41) warga setempat, penangkapan pelaku setelah sebelumnya warga mendapat informasi adanya pencurian HP milik seorang pemuda yang tengah tidur di pos ronda.

Beruntung, aksi pelaku diketahui oleh seorang nenek dan langsung melaporkan kepada sejumlah warga. Mendapat laporan itu, warga pun langsung melakukan pengejaran dan melakukan pencarian berkeliling desa.

Saat tengah melakukan pengejaran dan pencarian, warga melihat ada satu unit sepeda motor yang terparkir tidak jauh dari mushola di depan kantor desa setempat yang ditinggal pemiliknya.

Setelah satu jam warga menunggu, datang seorang pria yang mengaku motor yang ditinggalkan itu miliknya. Karena curiga, warga yang menunggu kedatangan pemilik motor tak langsung mempercayai keterangan pemuda tersebut yang mengaku motor itu miliknya, warga pun mengintrogasi pemuda tersebut.

"Kami tak langsung mempercayai apa yang dikatakan seorang pria itu, karena di samping kendaraan motor yang ditinggalkan ditemukan kondom hape dan nomor hape yang hilang dicuri," ujar Jaenal Abidin alias Habib.

"Ada juga sebuah tas besar dan tabung gas. Saat kami desak, pria itu ngaku dia yang mencuri hape. Kemudian kami bawa pria itu ke rumah kepala desa. Saat kami periksa isi tasnya, terdapat 3 unit hape dan 2 laptop, dan uang senilai Rp100 ribu didalam isi tasnya, di dompet milik terduga pelaku Rp150 ribu. 3 pasang sepatu dan pakaian juga kain sarung. Pelaku dan barang buktinya sudah di Polsek," terang Jaenal Abidin menambahkan.

Senada dikatakan Jaenudin Kades Pabuaran, terduga pelaku pencurian tersebut ditangkap oleh warga dini hari tadi.

"Terduga pelaku dan barang buktinya sudah kami serahkan ke Polsek,"katanya.

Sementara, Kapolsek Rangkasbitung AKP Malik Abraham, belum berhasil dihubungi melalui sambungan telepon selulernya untuk dikonfrimasi. (Gun/TN1)

Komentar