Terkait Proyek Jembatan di Lebak Diduga Mangkrak, Ini Kata Kontraktor Pelaksana

Proyek jembatan gantung di Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)Proyek jembatan gantung di Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kontraktor pelaksana proyek pembangunan jembatan gantung di Kampung Nanggung, Desa Giri Jagabaya, Kecamatan Muncang, Kubupaten Lebak dari PT. Sinatria Inti Surya menyebut proyek jembatan gantung di Kabupaten Lebak yang dibiayai APBN 2018 dilaksanakan satu paket untuk 10 lokasi jembatan.

Hal tersebut dikatakan Tri yang mengaku sebagai perwakilan dari kontraktor pelaksana pembangunan jembatan gantung kepada TitikNOL, Kamis (10/1/2019).

Menurutnya, mencuatnya pemberitaan soal pembangunan jembatan gantung di Kampung Nanggung yang disebut menelan anggaran mencapai Rp2.4 miliar dan panjang 60 meter tidak sesuai kondisi di lapangan.

Selain itu, Tri menjelaskan bahwa anggaran pembangunan jembatan sesuai yang tertera di papan proyek satu paket mencakup untuk 10 lokasi pembangunan jembatan.

"Itu pemberitaan siapa yang bikin, pak. Itu kok gambarnya sama pengeluaran harinya beda. Jadi panjang jembatan juga beda, kita juga enggak tahu. Itu bapak bikin berita Rp2.4 miliar itu dari mana acuannya, panjang jembatan gantung Kampung Nanggung 42 meter,"ujar Tri.

Baca juga: Proyek Jembatan Gantung Mangkrak di Lebak Dibidik Kejaksaan

Disinggung berapa total anggaran pembangunan jembatan gantung di Kampung Nanggung, Desa Giri Jagabaya, Kecamatan Muncang, Tri mengaku belum dapat menentukan nilai anggaran pembangunan jembatan tersebut.

Sebab kata dia, anggaran pembangunan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. "Itu tadi saya katakan, anggaran pembangunan satu paket untuk 10 jembatan. Jadi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, ada yang lebih besar dan ada yang kecil anggarannya,"tutur Tri.

Sementara itu, pembangunan 10 jembatan gantung di Lebak dibiayai APBN 2018 sebesar Rp24.985.000.000, dari Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV Satker pelaksana jalan nasional wilayah I Provinsi Banten.

Nama kegiatan, pembangunan jembatan gantung Cisimeut Kampung Ciparay CS. Meliputi lokasi, Jembatan Keusal, jembatan Cisimeut Ciparay, jembatan Bejod Pematang, jembatan Cidikit, jembatan Suwakan, jembatan Cisimeut Ciparay, jembatan Kamancing, jembatan Nanggung, jembatan Tanjung Sari dan jembatan Sangiang. (Gun/TN2)

Komentar