Sabtu, 20 Juli 2024

Terobosan Mudik Sehat, Polda Banten Vaksin Booster Pemudik di Kapal Feri

CILEGON, TitikNOL - Untuk meningkatkan imunitas pemudik, Polda Banten dan Polres Cilegon menggelar vaksinasi booster di kapal Feri Merak-Bakauheni.

Pada Kamis (28/04), vaksinasi booster berlangsung di kapal KMP Portlink III Merak-Bakauheni. Pelaksanaan pukul 13.00 -15.00 WIB.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menyatakan akselerasi vaksin booster terus dilakukan. Tujuannya untuk meningkatkan imunitas warga khususnya pemudik dari infeksi Covid-19.

"Guna menciptakan mudik sehat Polda Banten mendirikan gerai-gerai vaksinasi booster yang bisa langsung menyentuh para pemudik. Kita melihat ada peluang untuk vaksinasi pemudik di kapal feri, itu yang kemudian dilakukan,. Untuk Capaian vaksinasi booster 36 orang tadi," kata Kabid Humas di Cilegon pada Kamis (28/04).

Pelaksana vaksinasi adalah Siedokkes Polres Cilegon. Sebanyak 4 vaksinator diterjunkan melayani pemudik di KMP Portlink. Mereka adalah Penda Yuli Setio Hartati And.Kep, Pengtu Tim Tim Purnamaningsih, And.Kep, Bripda Jainal Mutaqim S.Kep dan seorang perawat Mitra.

Shinto Silitonga menyatakan langkah vaksinasi booster di kapal feri ditujukan untuk memudahkan pemudik yang belum menjalani vaksinasi booster. Pasalnya dalam aturan, pemudik wajib vaksin booster untuk bisa pulang kampung halamannya.

"Kami persilahkan bagi pemudik yang ingin divaksin booster. Sekarang syarat wajib mudik ialah vaksin lengkap booster," tandasnya

Persyaratan vaksinasi hanya cukup dengan KTP dan aplikasi Peduli Lindungi. Meski demikian tahapan vaksinasi tetap dilakukan sesuai prosedur vaksinasi yaitu pendaftaran, screening, vaksinasi dan observasi.

Sementara itu sala satu penumpang kapal Feri bernama Yulia mengucapkan terima kasih atas terobosan kreatif yang dilaksanakan Polda Banten.

"Saya belum melakukan vaksinansi Booster karena susah untuk mencarinya, dengan adanya vaksinasi Booster dikapal saya sangat dimudahkan. Semoga kegiatan ini terus dilakukan sampai semua masyarakat menerima vaksinasi," Yulia.

Komentar