Terungkap, PT Solite Maxima Sarana Tidak Terdaftar di Disnaker Lebak

Sejumlah karyawan PT. Solite Maxima Sarana Pos Rangkasbitung saat mengadu ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lebak. (Foto: TitikNOL)Sejumlah karyawan PT. Solite Maxima Sarana Pos Rangkasbitung saat mengadu ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Pasca kedatangan sejumlah karyawan PT. Solite Maxima Sarana (SMS) Pos Rangkasbitung, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lebak menemukan fakta mengherankan.

Di mana, perusahaan yang bergerak di bidang perkreditan cash and credit Elektronik dan Furniture tersebut, tidak terdaftar di Disnaker. Padahal, mereka memperkerjakan puluhan karyawan tetap dan karyawan harian lepas (HL).

Dikatakan, M Muhtar Mulya, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial pada kantor Disnaker Lebak, seharusnya sesuai ketentuan keberadaan perusahaan PT. Solite Maxima Sarana Pos Rangkasbitung yang beroperasi sejak tahun 2007 di wilayah Kabupaten Lebak dilaporkan ke kantor Disnaker setempat.

"Sesuai ketentuan ya harusnya dilaporkan. Dengan adanya pengaduan dari karyawannya tadi, ini kan jadi muncul. Maka kita akan panggil pimpinan perusahaannya. Memang ada kelemahan kita karena kita kekurangan SDM dan tenaga lapangan," ujar M Muhtar.

Baca juga: Tuntut Upah Naik, Karyawan PT Solite Maxima Sarana ‘Ngadu’ ke Disnaker Lebak

Terpisah, Direktur Operasional, PT. Solite Maxima Sarana, Lalan mengaku sudah melakukan konfirmasi ke kantor pusat PT. Solite Maxima Sarana pusat di Bogor, terkait upah karyawan.

"Kewajiban saya untuk meresponnya dan pihak Solite Pandeglang mungkin akan mengadakan pertemuan dengan karyawan di Rangkasbitung atau dengan perwakilannya," kata Lalan.

Disinggung apakah benar perusahan PT. Solite Maxima Sarana Pos Rangkasbitung keberadaan dan beroperasinya tidak dilaporkan ke kantor Disnaker setempat, Lalan pun terkesan berkilah.

"Sepengetahuan saya, dari Disnaker Pandeglang aktif datang ke kantor, bahkan kemarin pun kita di undang oleh Disnaker provinsi mengadakan seminar. Kalau dari Rangkas saya belum ada informasi mengingat kalau kita ke Disnaker selalu yang dipakai format cabang Pandeglang," kilahnya. (Gun/Rif)

Komentar