Tiga TKI Asal Kabupaten Serang Terlantar di Dubai

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diduga terlantar di Bandara Dubai. (Foto: TitikNOL)
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diduga terlantar di Bandara Dubai. (Foto: TitikNOL)

BANTEN, TitikNOL – Tiga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Serang, Banten, diduga terlantar di Bandara Dubai. Mereka terlantar bersama tujuh kawannya dari daerah lain. Rencananya, mereka akan dikirim ke Suriah.

Ketiga TKI asal Banten itu diketahui bernama Eliyanah dan Safitry warga Lontar, Kecamatan Tirtayasa, serta Milah, warga Lebak Wangi, Kabupaten Serang. Sebelumnya, mereka bekerja sebagai TKI di Dubai yang disponsori oleh seseorang yang disebut bernama Samsul dan Sofiah.

Dikatakan Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Banten, Mafthul, semua TKI yang terlantar di Bandar Dubai hingga saat ini belum mendapatkan perlindungan dari pihak keamanan.

"Eliyanah dan Safitri, (TKI asal kabupaten Serang, red). Menurut keterangan bahwa 10 TKI yang terlantar di Bandara Dubai ini akan dikirim ke Suriyah tetapi bertahan di Bandara Dubai, karena tidak mau ditempatkan di negara Suriyah yang lagi konflik," katanya kepada TitikNOL melalui pesan WhatsApp, Kamis (26/12/2019).

Mafthul meminta, agar hal ini disikapi serius oleh Polda Banten, termasuk melakukan penyelidikan kepada sindikat agen ilegal yang memberangkatkan para TKI tersebut. Dia pun menghimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri, agar selektif dalam memilih agen.

"Jangan mau percaya dengan uang fee yang malahan akan menjerat dirinya sendiri. Jika ingin menjadi TKI, maka jadilah TKI yang cerdas, jangan mau diiming-iming dan percaya kepada sindikat," pesannya.
Terpisah, kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Al Hamidi mengaku belum mengetahui hal tersebut.

"Belum ada info," katanya kepada TitikNOL melalui pesan singkat WhatsAppnya, Jum'at (27/12/2019). (Lib/Tn1)

Komentar