Tingkatkan Ketahanan Pangan, Danrem Tanam Palawija dan Rempah di Lebak

Kegiatan penanaman perdana Jagung, Singkong dan Sereh wangi di Kampung Cilalay, Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)
Kegiatan penanaman perdana Jagung, Singkong dan Sereh wangi di Kampung Cilalay, Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Komandan Resort Militer (Danrem) 064 Maulana Yusuf/Serang, Brigjen Gumuruh Winardjatmiko, melakukan kegiatan penanaman perdana Jagung, Singkong dan Sereh wangi di Kampung Cilalay, Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. Kegiatan itu dalam rangka ketahanan pangan Kodim 0603/Lebak, Selasa (13/9/2020).

Luas tanah yang ditanami mencapai 5 hektar yang berlokasi di Desa Gunung Anten. Adapun jenis yang ditanam yakni Jagung hibrida sebanyak 120 Kilogram, Jagung manis 2 kilogram di tanam seluas 3 hektar, singkong 5.000 batang ditanam seluas satu hektar dan Sereh wangi 5.000 batang ditanam di lahan seluas 1 hektar.

Danrem 064 MY/Serang, Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko menjelaskan, TNI ingin menjadi dinamisator, motivator dan inisiator di tengah kondisi pandemi Covid -19.

Dimana lanjut Danrem, tingkat kegiatan ekonomi masyarakat menurun. Hal itu juga adalah salah satu upaya TNI melaksanakan kegiatan ketahanan pangan.

"Inilah salah satu wujudnya kita menanam bareng, yang didukung oleh Forkopimda dan steakholder yang ada. Mudah - mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan ini benar-benar murni kegiatan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat, kita sadar bahwa Covid -19 ini berdampak sangat luas termasuk dalam ekonomi," ujar Danrem.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Lebak, Mulyadi Jayabaya mengatakan, di bawah pengawasan Danrem 064 MY/Serang dengan Dandim 0603/ Lebak, kegiatan penanaman perdana Jagung, Singkong dan Sereh wangi akan dapat membantu kesulitan ekonomi masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Danrem dan bapak Dandim, yang telah berkenan membantu masyarakat dalam ketahanan pangan. Untuk itu, saya memohon kepada masyarakat juga untuk membantu kegiatan ini, pemerintah juga harus membantu apa saja yang perlu dibutuhkan demi suksesnya program ketahanan pangan ini," tukas mantan Bupati Lebak dua periode ini.

Kegiatan ketahanan pangan tersebut selain dihadiri langsung oleh Danrem 064 MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko beserta Jajaran Korem 064 MY/Serang, turut hadir Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Dandim 0603/Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi,Tokoh masyarakat Lebak Mulyadi Jaya Baya, Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Lebak,Bayu Wibianto, unsur Forkopimda Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak. (Zal/TN1)

Komentar