Tingkatkan Produksi Buku, Untirta Press dan Ikapi Banten Jalin Kerja Sama

Foto: Isitmewa
Foto: Isitmewa

SERANG, TitikNOL - Tingkatkan dunia penerbitan buku di Banten, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Banten dan Pusat Penerbitan dan Percetakan Karya Ilmiah Untirta Press teken kerja.

Direktur Untirta Press Firman Hadiansyah mengatakan, kesepakatan kerja sama dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya kelembagaan dalam penerapan Tridarma Perguruan Tinggi.

"Nota kesepakatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi Banten. Tentu saja ke depan ada banyak yang bisa kita lakukan di antaranya seperti pelatihan dan kualifikasi sertifikasi penulis dan editor," katanya kepada TitikNOL, Senin, (13/7/2020).

Menurutnya, nota kesepakatan anatara Untirta Press dan Ikapi Banten merupakan sebuah langkah strategis dalam peningkatan penerbitan buku di Banten. Sebagai lembaga penerbitan yang berada di naungan kampus, lanjut dia, harus bersinergi dengan berbagai pihak demi kemajuan literasi di Banten.

“Jadi semua calon penulis yang bukunya akan diterbitkan Untirta Press diharapkan memiliki sertifikasi penulis sehingga akan memudahkan kami untuk menata dan mengedit buku sebelum cetak,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Ikapi Banten Andi suhud Trisnahadi mengungkapkan, kerjasama ini adalah angin segar dan harapan baru untuk memajukan perbukuan di Banten.

“Kebetulan Untirta Press juga sedang menempuh proses untuk menjadi anggota Ikapi. Kami menyambut baik dan gembira karena Untirta Press bisa memberi harapan kita untuk kemajuan literasi di Banten,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, nota kesepakatan kerja sama dengan lembaga Untirta secara keseluruhan termasuk fasilitas dan nama besarnya. Hal ini tertuang dalam Pasal 2 kesepakatan seperti pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, penerbitan buku, pameran buku, pembangunan dunia literasi, seminar atau workshop, publikasi karya ilmiah, uji komptensi penulis dan editor serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

“Bagi kami ini sebuah kerja sama yang sangat baik apalagi dalam hal literasi. Jadi banyak hal yang terkait dengan kegiatan Ikapi terutama di persoalan tempat dan Untirta sebagai pencerahan bagi kami. Mudah-mudahan gairah perbukuan di Banten lebih baik lagi,” ujarnya.
Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaiman menambahkan, kesepakatan antara Untirta Press dan Ikapi Banten merupakan sebuah terobosan baru bagi Untirta. Sebab selama ini, Untirta Press baru menjadi Asosiasi Penerbitan Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI).

“Terima kasih kepada Ikapi Banten, semoga dengan kerja sama yang sudah terjalin ini Untirta Press bisa semakin berperan aktif dalam bidang penerbitan dan percetakan karya ilmiah, khususnya di Banten. Bagi kami ini adalah kerja sama yang sangat berarti, apalagi jika nanti dengan masuknya Untirta Press menjadi anggota Ikapi adalah sebuah pencapaian yang bagus bagi kemajuan Untirta," tuturnya. (TN1)

Komentar