TMMD 101 Kodim Lebak Tingkatkan Ekonomi Petani

Ratusan personel gabungan TNI di bantu Polri dan masyarakat kompak berupaya merampungkan pengerjaan pengerasan jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)Ratusan personel gabungan TNI di bantu Polri dan masyarakat kompak berupaya merampungkan pengerjaan pengerasan jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)

LEBAK, TitikNOL - Pemerintah Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, mengapresiasi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Kodim 0603/Lbk ke 101 yang dilaksanakan di desa tersebut.

Sebab, kegiatan TMMD telah menyasar sektor pembangunan infrastruktur seperti pembukaan dan pembangunan jalan penghubung dua kecamatan sepanjang 5,4 kilometer yang menghubungkan Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana dengan Desa Parakanlima, Kecamatan Cirinten.

Kemudian, pembuatan gorong-gorong, rehab Masjid dan Mushola, perbaikan sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH) dan pembangunan Pos Kamling dan sarana serta fasilitas lainnya.

“Saya sebagai pribadi dan selaku kepala desa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para personel TNI dan Polri yang tergabung di dalam Satgas TMMD ke 101 yang sudah membangun desa kami. Saya berharap dengan semakin meningkatnya akses jalan penghubung kedua kecamatan akan membantu ekonomi masyarakat di sekitarnya," ujar Farid, Kades Cimanyangray, Minggu (15/4/2018) di lokasi kegiatan TMMD.

Kata Farid, dengan dibangunnya akses jalan penghubung dua kecamatan, masyarakat dapat mengangkut hasil bumi untuk didistribusikan kepada konsumen dengan cepat dan efisien.

"Dengan demikian pendapatan masyarakat khususnya para petani akan bertambah lebih baik dan proses pembangunan disekitarnya akan semakin Iancar, sehingga roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat akan dapat meningkat," imbuh Farid.

Sementara, berdasarkan data yang diperoleh TitikNOL di posko TMMD ke-101 Kodim 0603/Lebak, sasaran kegiatan fisik dan tambahan di hari ke 11 ini, antara lain kegiatan sasaran fisik pokok meliputi pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 5,4 kilometer, dengan lebar 8 meter sudah mencapai hasil 100 persen.

Pekerjaan pengerasan badan jalan 5,4 kilometer, lebar 3 meter sudah mencapai hasil 70 persen. Pembuatan Gorong-gorong 9 titik sudah mencapai hasil 100 persen.

Pembuatan turap sepanjang 224 meter sudah mencapai hasil 100 persen, pembuatan plat duicker sudah mencapai hasil pekerjaan 100 persen dan pembuatan Drainase 5,4 kilometer sudah me capai 100 persen.

Sementara untuk sasaran pekerjaan fisik tambahan, rehab Masjid satu unit sudah mencapai hasil 30 persen, rehab Mushola satu unit sudah 100 persen.

Rehab MCK satu unit hasil pekerjaan sudah 50 persen, pembuatan pos kamling satu unit sudah mencapai 100 persen, rehab RTLH tiga unit sudah mencapai 66 persen. Progres keseluruhan Kegiatan TMMD di hari ke 11 seluruhnya sudah mencapai 76,5 persen. (Gun/TN1)

TAG tmmd
Komentar